Pengabmas Dosen Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Bentuk Desa Toga di Desa Harapan

BENGKULU, newsikal.com – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim pegabdian kepada masyarakat membentuk Desa Toga di Desa Tanah Harapan Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2020.
Sebelumnya kegiatan pengabmas diawali dengan Penjajakan ke puskesmas Pekik Nyaring tentang desa yang dijadikan Desa Toga pada tanggal 3 dan 19 Februari 2020.

Hasil penjajakan tersebut teridentifikasi bahwa Desa Harapan dapat dijadikan tempat kegiatan pengabdian masyarakat dan diajdikan desa percontohan toga.
Karena masyarakat di Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa melakukan penanaman obat di lahan perkarangan rumah. Tanaman obat dapat dijadikan obat yang aman, tidak mengandung bahan kimia, murah, dan mudah didapat.

Pada hakekatnya, tanaman obat keluarga merupakan tanaman berkhasiat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga di Desa Harapan. Penggunaan tanaman obat secara tradisional semakin disukai karena efek samping yang rendah, efek yang saling mendukung dengan obat tradisional lain, lebih sesuai untuk berbagai penyakit metabolik dan degeneratif.

Selain itu juga, obat tradisional dapat diperoleh, diramu dan ditanam sendiri tanpa tenaga medis. Selain itu, tanaman obat juga bermanfaat untuk memperbaiki gizi keluarga dan dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Menurut Andra Saferi Wijaya, M.Kep, pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Dosen Poltekkes Kemenkes Bengkulu, berupa pemberdayaan kader dalam pembentukan Desa Toga dan dapat bermanfaat bagi masyarakat, kader dan keluarga di desa.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang tanaman obat dan pembentukkan taman obat keluarga, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam pembuatan terapi komplementer/pengobatan sederahana bersumber dari tanaman obat pada toga dan meningkatnya status kesehatan keluarga di Desa Harapan,” ucapnya.(red)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim pegabdian kepada masyarakat membentuk Desa Toga di Desa Tanah Harapan Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah telah dapat dilaksanakan dan didapatkan hasil sebagai berikut :
1. Meningkatkan pengetahuan kader tentang toga
2. Meningkatkan pengetahuan keluarga tentang toga
3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang pengobatan sederhana/terapi komplementer dari toga
4. Terbentuk toga percontohan di halaman Kantor Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa dan halaman rumah warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page