Penyandang Disabilitas Memiliki Hak yang Sama di Negara Ini

BENGKULU, newsikal.com – Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah meminta agar semua instansi pemerintah dan swasta untuk dapat lebih peduli kepada para penyandang disabilitas. Karena menurutnya, selain dilindungi undang-undang, penyandang disabilitas juga mempunyai hak dan kesempatan yang sama seperti masyarakat pada umumnya.

“Mudah-mudahan dengan kita melihat keadaan mereka ini, hati kita tersentuh. Dengan tersentuhnya hati kita, kita mulai memikirkan mereka (disbilitas), karena mereka juga warga Bengkulu yang butuh perhatian kita semua,” kata Wagub Dedy Ermansyah, saat membuka acara Puncak Perayaan Hari Disabilitas Internasional 2019, yang digelar oleh Forum CSR Provinsi Bengkulu, di Gedung Daerah Bengkulu, Selasa (3/12/2109).

Dedy berharap, bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas hendaknya memiliki manfaat yang bersifat jangka panjang dan bukan hanya sekedar membantu untuk keperluan sehari-hari saja.

Sebagai wakil dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, Dedy ingin ke depannya akan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas serta akan melibatkan mereka pada event-event yang digelar instansi pemerintah sesuai dengan keahlian dan kemampuan mereka masing-masing.

“Percuma saja kita merayakan berbagai kegiatan, jika kita tidak dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk mereka ini,” tegas Dedy.

Dirinya meminta kepada penyandang disabilitas untuk terus semangat dan berkarya yang terbaik bagi bangsa dan negara ini, walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Disamping itu, Kapolda Bengkulu Irjen. Pol Supratman yang hadir pada kegiatan ini menyampaikan, penyandang disabilitas merupakan orang-orang yang luar biasa. Karena dengan keterbatasan yang mereka miliki mampu meraih prestasi yang lebih tinggi dari orang normal pada umumnya.

Ia meminta agar kita semua dapat memperhatikan penyandang disabilitas dan jangan mengucilkan mereka, baik di dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

“Mereka ini adalah orang-orang yang sangat luar biasa, orang yang dimuliakan Allah. Terkadang orang hanya melihat luarnya saja padahal mereka adalah orang-orang luar biasa yang dapat melakukan sesuatu di luar nalar kita,” sampai Jendral bintang dua ini.

Untuk itu, Kapolda juga berharap penyandang disabilitas untuk dapat tetap semangat, terus berjuang pantang menyerah dengan keterbatasan fisik yang ada.

“Kita ini sama saja ciptaan Tuhan semua tak ada bedanya,” ungkapnya sembari memberi tahu dirinya mempunyai anak disabilitas.

Sekretaris Forum CSR Provinsi Bengkulu Roseka Yanti menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan hak-hak penyandang disabilitas serta mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif.

“Mengimplentasikan undang-undang tentang penyandang disabilitas yang mengakui hak penyandang disabilitas dan mewajibkan pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk memberikan perlakuan yang setara dengan non disabilitas,” sebut Roseka Yanti.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close