Pesona Pulau Tikus, Destinasi Wisata di Bengkulu Yang Bikin Jatuh Hati

BENGKULU, newsikal.com – Pulau Tikus, destinasi wisata di Bengkulu yang menjadi incaran para pelancong. Dinamakan Pulau Tikus karena bentuk pulau kecil ini yang menyerupai hewan tikus.

Meski luasnya tak seberapa, Pulau Tikus ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari populer di Bengkulu lho.

Pada awalnya, Pulau Tikus ini memiliki luas 2,5 hektare. Namun kini luas Pulau Tikus hanya tinggal 0,6 hektare saja karena adanya abrasi.

Meski luasnya hanya 0,6 hektar, Pulau Tikus ditopang terumbu karang seluas 200 hektar.

Saat mengunjungi pulau ini kamu akan disambut oleh air laut yang jernih, hamparan pasir putih serta susunan batu karang yang mengelilingi pulau.
Di tengah Pulau Tikus ini terdapat sebuah mercusuar rangka besi yang tingginya diperkirakan sekitar 40 meter.

Wisata di Pulau Tikus

Kamu bisa menyambangi Pulau Tikus ini dengan one day trip alias perjalanan satu hari. Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pulau Tikus, diantaranya adalah snorkeling untuk melihat keindahan biota bawah laut di perairan Pulau Tikus.

Terumbu karang yang ada di dalam laut bisa dengan jelas terlihat dari permukaan. Jadi bagi kamu yang tak ingin menyelam pun bisa menikmati keindahan alam ini.

Untuk kamu yang punya hobi memancing juga bisa nih dilakukan di Pulau Tikus. Terdapat banyak jenis ikan yang hidup di perairan pulau ini diperbolehkan untuk dipancing bahkan dikonsumsi oleh para wisatawan.

Pulau Tikus diketahui menjadi rumah bagi kawanan penyu. Wisatawan yang datang bisa menjumpai penyu sisik dan penyu hijau bertelur di pasir putih pada malam hari.

Namun, diingatkan untuk tidak membuat gangguan seperti berisik dan tidak diperkenankan memotret dengan flash karena penyu mengandalkan penerangan alami dari sinar bulan.

Dikarenakan Pulau Tikus termasuk pulau tak berpenghuni, maka kamu tidak akan menemukan penginapan di sana.

Sebagai gantinya jika kamu ingin bermalam di pulau ini kamu bisa mendirikan tenda sendiri. Pastikan juga kamu sudah menginfokan kepada penjaga menara suar jika kamu ingin camping di pulau ini, ya.

Akses menuju Pulau Tikus

Dari daratan Bengkulu, dibutuhkan waktu sekira 40 menit untuk mencapai Pulau Tikus. Pengunjung bisa menggunakan kapal wisata yang ada di Kelurahan Pasar Bengkulu dan Malabero dengan biaya Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu pulang pergi.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa speed boat yang banyak disewakan masyarakat di pelabuhan Pulau Baai. Untuk akomodasi yang satu ini, kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

Itulah sederet informasi tentang Pulau Tikus yang menjadi destinasi wisata di Bengkulu. Jadi semakin tertarik menjelajah pulau ini, bukan?(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close