Pijat Bayi Banyak Manfaat Positif

BENGKULU, newsikal.com – Pijat bayi adalah suatu sentuhan yang diberikan pada jaringan lunak bayi. Pijat bayi sebenarnya merupakan suatu bentuk terapi sentuhan (touch therapy) yang sangat bermanfaat baik bagi bayi maupun orang tuanya.

Sentuhan atau pijatan pada bayi dapat merangsang produksi ASI, meningkatkan nafsu makan dan berat badannya. Hasil survey yang dilakukan pada tanggal 6 Februari 2019 di Puskesmas Penurunan, mengenai wilayah binaannya, bahwa Posyandu Pantai Indah memiliki jumlah bayi ±38 orang, dan semua bayi tersebut belum pernah dilakukan pijat bayi.

Berdasarkan data tersebut, maka Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Afrina Mizawati, SKM, MPH, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah binaan Puskesmas Penurunan pada 25 April 2019 dan pada 25 Mei 2019 yakni kegiatan promosi kesehatan pijat pada bayi dengan sasaran kader dan ibu bayi Posyandu Pantai Indah Kota Bengkulu.

Diterangkannya, tujuan kegiatan ini agar kader posyandu dan ibu bayi mengerti tentang manfaat pijat bayi dan secara mandiri dapat mempraktikannya dan mengajarkan ke masyarakat sehingga masyarakat mampu melaksanakan pijat bayi, hingga tumbuh kembang bayi menjadi baik.

Ia juga menjelaskan, metode kegiatan terdiri dari persiapan yaitu survey awal dan tahap pelaksanaan yaitu  penyuluhan, diskusi, simulasi pijat bayi serta menggunakan media leaflfet/brosur, LCD, audio, matras. Pijat Bayi ini disampaikan langsung oleh Afrina Mizawati, SST, MPH dan Nispi Yulyana, SST, M.Keb didampingi  oleh mahasiswa.

“Kami mendapati keadaan bayi menjadi baik, lebih rileks, nyaman dan pertumbuhan bayi mengalami peningkatan berat badan setiap bulan saat posyandu. Tidak hanya itu Pemberdayaan pada Ibu bayi, dan ibu hamil TM III yang mengikuti  pijat bayi tersebut mengerti materi pijat dan tahu agaimana cara melakukan pijat bayi yang benar,  sehingga mereka bisa mengimplementasikan kepada anaknya. Merka juga bisa mengajarkan kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Pemberdayaan pada kader yang mengikuti pijat bayi tersebut juga, lanjutnya, mengerti materi pijat bayi dan bagaimana cara melakukan pijat bayi sehingga mereka bisa merealisasikan pijat bayi setiap diadakan kegiatan posyandu.(kay/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close