RSUD M. Yunus Bengkulu Imbau Masyarakat Waspadai Penularan Demam Berdarah

BENGKULU, newsikal.com – Direktur Rumah Sakit Umum M. Yunus Bengkulu, dr. Anjani Wahyuni Wardani menghimbau masyarakat untuk mewaspadai penularan penyakit demam berdarah dengue, (DBD). Mengingat potensi berbagai masalah kesehatan akan muncul di saat memasuki musim pancaroba saat ini, Rabu (4/5/2022).

Untuk itu dirinya meminta pemerintah terkhusus OPD terkait untuk melakukan fogging. Tak hanya itu, lakukan pula edukasi bagaimana caranya menjegah terjangkitnya DBD.

Imunitas sangat berpengaruh dalam mencegah wabah tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan pemenuhan nutrisi yang baik, yaitu dengan mencukupi asupan makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien yakni vitamin, mineral yang tepat. Selain itu, dapat juga diperkuat dengan pemberian vaksin dengue pada seseorang yang telah berusia 9-16 tahun.

Di sisi lain, pengendalian lingkungan juga penting untuk dilakukan demi mencegah nyamuk pembawa virus berkembang biak. Nyamuk umumnya menyukai tempat penampungan air yang bersih seperti kolam atau bak mandi.

“Jadi, tempat-tempat penampungan air harus sering dikuras. Bersihkan pula wadah penampungan air yang memudahkan nyamuk bersarang dan bertelur,”

Langkah selanjutnya, periksa kamar termasuk kamar milik anak, hindari banyak gantungan baju atau barang-barang untuk menghindarkan nyamuk bersarang. Bukan itu saja, kita juga dapat melakukan penyemprotan atau fogging untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa dan mematikan telur-telur nyamuk dengan abatisasi.

Lalu kita dapat memasukkan bubuk abate ke dalam sumber-sumber air sehingga telur-telur nyamuk akan mati dan proses reproduksinya terhenti.

“Kita harus lebih peduli dalam menerapkan budaya hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit musim penghujan,” pungkasnya.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close