Sambut Era Digital, Kebangkitan Nasional Harus Kuat

BENGKULU, newsikal.com – Pada upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 110, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang juga inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Imformatika Republik Indonesia, Rudiantara. Sambutan yang dibacakan bertema “Pembangunan Sumber Daya Manusia dalam Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” bertempat di Lapangan Kantor Pemerintah Provinsi Bengkulu.(21/05/2018).

Disampaikannya, bahwa Menteri mengajak semua lapisan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bengkulu untuk terus meningkatkan kemampuan. Masyarakat Indonesia harus menjadi generasi milenial dan menjadi pengguna aktif bukan pasif dalam era teknologi digital.

Dijelaskannya,generasi bonus demografi yang kebetulan juga beriringan dengan generasi millenial kita tersebut, pada saat yang sama, juga terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital.

“Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan landscape ekonomi berbasis digital dunia,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, oleh sebab itu, mari bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat. Tidak ada satu pihak yang tanggung jawabnya lebih besar dari pada yang lain untuk hal ini.

“Dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa, lanjutnya, seharusnya sekarang kita juga bisa sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini menjadi wadah yang kondusif bagi 5 perkembangan budi pekerti yang seimbang, dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita,” ungkapnya.

Terakhir, ia menyerukan, “Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110.”

Upacara ini diikuti seluruh stakeholder Pemda Provinsi Bengkulu, mulai dari perguruan tinggi, perbankan, perusahaan swasta, BUMN dan BUMD serta seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Forkopimda Provinsi Bengkulu dan ASN yang juga menjadi peserta upacara.

Selain itu, upacara ini dirangkai dengan laporan pemimpin upacara kepada inspektur upacara, pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan UUD 1945, serta sambutan Menteri Kominfo RI, Rudiantara yang dibacakan Plt Gubernur Bengkulu. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close