Samling, Mudahkan Masyarakat Dusun Bayar Pajak

BENGKULU, newsikal.com – Tidak henti-hentinya Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) berinovasi dalam mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor. Pemerintah selalu mencari cara untuk selalu memudahkan hal itu.

Seperti saat ini, BPKD Provinsi Bengkulu mengeluarkan pelayanan Samsat Keliling (Samling). Tidak lain, layanan ini untuk memudahkan masyarakat untuk bayar pajak khususnya masyarakat pedalaman.

Dikatakan Kepala Bidang Pengolaan Pendapatan Daerah, Harnyoto, dengan adanya Samling ini jelas masyarakat merasa lebih efisien. Karena, Samling akan datang ke daerah yang jauh dari jangkauan Samsat.

“Dengan Samling masyarakat yang jauh dari jangkauan Samsat tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor Samsat. Masyarakat lebih hemat biaya, waktu dan jarak,” ujarnya beberapa waktu lalu di ruangannya.

Ia juga menjelaskan, layanan ini juga bekerja sama dengan Samsat di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Samling yang datang nantinya berupa 1 unit mobil yang bisa melayani masyarakat untuk bayar pajak tahunan motor dan mobil.

Masyarakat dusun saat bayar pajak di Samsat Keliling

“Satu lagi, bayar pajak di Samling ini tidak dipungut biaya tambahan, murni pemerintah membantu masyarakat,” cetusnya.

Samling ini sudah dilakukan di kota dan beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, seperti Kaur, Mukomuko, Bengkulu Utara. Untuk kabupaten lain tinggal menunggu beroperasi saja, karena alat sebagian juga sudah siap dan Samling akan terjadwal yang nanti pemberitahuannya akan diumumkan.

Harnyoto mengharapkan, dengan adanya Samling ini masyarakat khususnya yang jauh dari jangkauan Samsat dapat benar-benar terbantu. Dengan itu secara tidak langsung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga meningkat secara cepat.(kay/prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close