Sepele, 4 Hal Ini Bisa Menambah Pahala di Bulan Puasa

BENGKULU, newsikal.com – Ternyata, tambah paha di bulan puasa ini tidak harus melakukan yang besar. Beberapa hal ini juga bisa menambah pahala, meski sepele tapi pahalanya banyak bahkan bermanfaat dan dapat menambah pahala kita di bulan ini.

Pertama, Menebar senyum
Dikutip dari 1001inspirasiramadhan.com, selain akan mendapatkan pahala, dengan tersenyum hal tersebut juga akan membawa manfaat baik bagi diri kita. Karena dengan senyum, kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar kita. Kebiasaan baik satu ini juga mampu melatih diri untuk lebih berlapang hati dan tidak mudah tersinggung.

Kedua, Berbagi pengetahuan
Berbagi pengetahuan ini sebenarnya bisa kita lakukan juga di hari-hari lain selain di bulan Ramadhan. Mulai dari berbagi pengetahuan yang bersumber dari berbagai buku pengetahuan modern hingga pengetahuan yang bersumber dari pengalaman kita sendiri. Namun, khusus di bulan yang mulia ini, alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk berbagi ilmu agama. Kita bisa berbagi pengetahuan tentang ilmu Islam yang baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah SAW. Karena selain hal tersebut bisa menambah pahala kita, bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk kita mendalami agama lebih sempurna lagi.

Ketiga, Membaca Al-Qur’an
Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat muslim. Jika di hari-hari biasa kita jarang membaca Al-Qur’an, maka di bulan Ramadhan itulah kesempatan yang baik untuk membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungannya.

Keempat, Bersedekah
Di bulan Ramadhan ini, jangan lupa juga untuk kita bersedekah. Bersedekah tidak harus dalam jumlah yang besar. Cukup menyisihkan sedikit harta yang kita miliki dan memberikan ke sesama dengan hati yang tulus. Selain hal sederhana ini akan membuat hati tenang dan orang lainpun senang, pahala bersedekah juga besar ternyata.

Nah, jika ingin bersedekah mulailah dari memberikan apapun baik barang, makanan, sembako ataupun sedikit uang ke mesjid terdekat. Donasi itu akan sangat berguna untuk yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close