Sidak, Dewan Temukan Aspalnya Mudah Dicongkel dengan Tangan

BENGKULU, newsikal.com – Dewan menemukan pekerjaan jalan yang dinilai asal-asalan, lantaran aspal pada jalan tersebut sangat tipis dan kualitas aspalnya kurang baik. Hal ini terjadi saat Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bengkulu melakukan sidak ke sejumlah titik pembangunan jalan yang baru saja selesai dikerjakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Senin (4/1/2021).

Jalan yang dinilai asal-asalan ini berada di salah satu ruas jalan kawasan Kelurahan Teluk Sepang Kota Bengkulu, pada proyek rehabilitasi atau peningkatan jalan paket II yang mengunakan dana pinjaman Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) senilai Rp 38 miliar tersebut.

Sesampainya di lokasi, dewan langsung mengecek aspal dengan cara mempreteli dan mencongkel. Aspal sangat tipis sehingga dapat dicongkel menggunakan tangan kosong saja.

“Tadi sempat dilakukan pencongkelan oleh rekan-rekan dewan dan aspalnya memang sangat tipis,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Indra Sukma.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Dian Fizayly, ST, MT mengatakan, pada proyek pembangunan jalan yang menggunakan dana APBD perubahan tahun 2021 pinjaman dari BJB tersebut, pihaknya mengakui adanya keteledoran dalam pengawasan proyek, lantaran dikerjakan pada penghujung tahun.

“Tapi kita belum melakukan PHO pada proyek tersebut, nanti akan kita tinjau ulang dan pencairannya baru 80 persen,” ucapnya.

Pihaknya memberikan waktu tenggang selama 50 hari kepada PT. Ratu Agung Pitoelas selaku kontraktor pada proyek tersebut.

“Kita beri waktu 50 hari kepada pemborongnya agar tidak di-blacklist dengan denda per harinya. Namun kalau memang sudah tidak sanggup lagi hingga pengerjaan 100 persen maka akan kita blacklist,” pungkasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close