Sosialisasi Germas Hingga ke Desa Marga Bhakti

BENGKULU UTARA, newsikal.com – Bukti sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sampai ke desa-desa benar-benar terlihat lewat Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Kali ini giliran warga Desa Marga Bhakti Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu Utara.

Antusias masyarakat sekitar sangat tinggi dengan adanya sosialisasi ini. Jelas, ini bukti masyarakat sangat memiliki hidup yang sehat.

Tidak main-main, selain dihadiri Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX, Hj. Elva Hartati Murman, kegiatan ini dihadiri Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian. Hadirnya Bupati, membuat masyarakat semakin semangat, hal itu terpancar dari tawa sumringah saat bersorak-sorak bersama Bupati.

Keceriaan Bupati Mian saat berjoged bersama warga dan para undangan

Disampaikan Mian, kesehatan memang sangat penting dan infrastruktur juga penting.

“Mendukung Germas ini, saya targetkan tahun depan Bengkulu Utara bebas dari ODF, karena saya sudah membuat Perda tentang larangan membuang air besar sembaranggan,” ujarnya.

Dikatakannya juga, pola hidup sehat itu harus dijaga, agar menciptakan hidup yang sehat.

Ia juga memaparkan, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara saat ini juga sedang gencar meningkatkan inrastruktur kesehatan. Seperti saat ini, RS KTM Lagita sudah memiliki dokter spesialis anak, kandungan dan penyakit dalam.

Pembukaan sosialisasi Germas ditandai dengan penabuhan dol bersama

“Pembangunan kesehatan di Bengkulu Utara ini sudah banyak mendapatkan bantuan medis, seperti dari Nusantara Sehat, bantuan untuk RS KTM Lagita bahkan untuk renovasi Puskesmas,” ungkap Mian.

Sedangkan itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Darwis, S.Kp M.Kes, menyampaikan banyak terima kasih baik pada Bupati bahkan kepala desa dan camat. Dukungan ini, membuat sosialisasi Germas berjalan lancar dan tersampaikan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, seperti biasa, dirinya menyampaikan pilar-pilar Germas. Baik dari cek fisik minimal 30 menit sehari, makan sayur dan buah, cek kesehatan minimal 6 bulan sekali, tidak merokok, tidak minum alkohol dan buang air besar harus dijamban.

Panitia yang menyukseskan kegiatan ini

“Saya harap Bengkulu Utara memiliki salah satu kecamatan yang bebas dari ODF atau buang air besar sembarangan,” tuturnya.

Dirinya berharap, peserta Germas yang tak lain warga Marga Bhakti dapat menyampaikan apa yang telah disampaikan kepada keluarga, teman ataupun sanak saudara. Agar warga Marga Bhakti benar-benar merasakan hidup yang sehat.

Sementara, Anggota Komisi IX DPR RI, Elva Hartati dalam pemaparannya menginginkan, masyarakat dapat menjalankan kunci hidup sehat ini.

“Sehat itu mahal. Bayangkan saja jika kita masuk rumah sakit dengan penyakit yang parah, seperti jantung, pasti biaya yang dikeluarkan mahal,” cetusnya.

Maka itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup Germas ini. Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan, berawal dari buah yang ada di sekitar.(kay/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close