Sosialisasi Germas, Sehatkan Masyarakat Kabupaten Kaur

BENGKULU, newsikal.com – Kembali, sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dilaksanakan. Kali ini Kabupaten Kaur menjadi sasaran dalam menegakan pola hidup sehat ini, Jumat (3/5/2022).

Sosialisasi Germas yang digelar oleh Anggota DPR RI Komisi IX, Elva Hartati Murman, S.Ip, MM berkolaborasi dengan Poktekkes Kemenkes Bengkulu ini diharap dapat menyentuh masyarakat. Bukan hanya dalam mencegah covid 19 tetapi juga penyakit-penyakit lainnya.

Arahan Bupati Kaur Lismidianto saat sosialisasi Germas

Disampaikan Elva Hartati, dengan adanya sosialisasi Germas ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kaur dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Seperti yang kita lakukan tadi, berolahraga, makan buah dan sayur serta cek kesehatan secara berkala. Lalu pola yang lain jangan merokok, tidak minum minuman beralkohol dan juga memiliki jamban di rumah,” ujarnya.

Foto bersama usai membuaka acara sosialisasi Germas

Lanjut Elva, Germas ini akan terus dilakukan setiap tahunnya. Setelah di Kaur, Germas akan dilakukan di Kabubaten Lebong.

“Saya harap, apa yang disampaikan dalam sosialisasi ini bisa betul-betur tersampaikan. Hingga masyarakat Kaur jauh dari penyakit yang berbahaya bahkan dapat mematikan. Tak lupa saya minta sampaikan apa yang didapat dalam sosialisasi ini baik itu kepada keluarga, teman, kerabat bahkan jiran tetangga,” ucap Elva, didampingi suami yakni Dadang Mishal, SH, MM yang juga sebagai Ketua Harian Koni Provinsi Bengkulu.

Peserta yang antusias dengan sosialisasi Germas ini

Di sisi lain, dikatakan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Eliana, SKM, MPH, sosialisasi Germas sempat terhenti saat pandemi Covid 19. Sejak tahun kemarin Germas mulai dilakukan kembali yang dimulai di Jakarta lalu di Rejang Lebong.

Untuk kali ini Poltekkes bukan hanya melakukan sosialisasi tapi juga melaksanakan vaksin.

“Targetnya 1000 vaksin, mulai dari vaksin pertama, kedua dan booster untuk Kabupaten Kaur. Untuk kegiatan ini kami siapkan 200 vaksin peserta Germas,” ungkapnya.

Dirinya berharap, sosialisasi Germas ini bisa diterapkan oleh masyarakat Kaur.

“PHBS itu sangat penting, salah satunya mencegah penularan penyakit Covid. Disampaing juga penyakit menular lainnya,” terangnya.

Ia sangat bersyukur, karena kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Apalagi, kegiatan ini benar-benar diterapkan oleh masyarakat.

Sedangkan itu, Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, SH, MH, sangat mendukung kegiatan baik ini. Karena baginya, masyarakat Kaur memang harus melakukan pola hidup sehat ini agar beraktivitas dengan lancar.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close