Surat Suara DPR RI Banyak Ditemukan Rusak

BENGKULU TENGAH, newsikal.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sesegara mungkin akan melakukan usulan penahabahan Surat Suara (SUSU) Calon DPR RI 2019.

Dikonfirmasi newsikal.com di lapangan, Ketua KPU Bengkulu Tengah, Drs. Brotoseno mengatakan, dari hasil penyortiran dan pelipatan yang dilakukan, terdapat 383 lembar surat suara mengalami kerusakan, mulai dari robek, bercak hingga surat suara buram.

Ketua KPU Bengkulu Tengah, Drs. Brotoseno

“Dari hasil penyortiran kemarin, untuk surat suara DPR RI mengalami kerusakan sebanyak 383 lembar surat suara,” ujar Broto, Selasa (19/3/2019).

Ia menjelaskan, jika dilakukan kalkulasi perhitungan untuk surat suara yang dapat digunakan hanya mencapai angka 83.395. Dan jumlah tersebut diakuinya jauh di bawah jumlah angka surat suara yang dibutuhkan.

“Sesuai dengan Jumlah Dapatar Pemilih Tetap (DPT), untuk benteng ada 83.776 surat suara yang dibutuhkan. Kalau angka tersebut dikurangi oleh surat suara rusak, berarti jumlah surat suara yang diterima mengalami kekurangan sebesar 371 lembar,” tegasnya.

Untuk mengatasi kekurangan yang terjadi, lanjut Broto, tentunya KPU Bengkulu Tengah akan melakukan usulan kepada KPU RI untuk segera melakukan pengiriman kembali, agar bisa menutupi kekurangan yang terjadi.

“Kita akan segera melaporakan hasil penyortian ini ke KPU Provinsi dan dilanjutkan ke pusat dengan harapan kekurangan surat suara yang ada dapat dikirim kembali kepada kita,” demikian Broto.(ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close