Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Tak Harus ke Jakarta, Urologi Kini Ada di Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Tidak harus ke Jakarta, mulai bulan Februari 2020, masyarakat Provinsi Bengkulu bisa menikmati layanan unggulan Bedah Urologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Yunus Bengkulu. Sarana ini bernama Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), yaitu salah satu prosedur yang digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal tanpa harus dengan tindakan pembedahan dengan tingkat resiko yang minim.

Hal ini seiring dengan komitmen Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dalam memberikan layanan kesehatan prima dan profesional untuk mewujudkan Bengkulu Sehat.

“Peningkatan kualitas SDM Kesehatan kita serta sarana dan prasarana yang mengikuti kemajuan teknologi dunia medis terus dilakukan. Salah satunya konsep pelayanan unggulan Bedah Urologi ini,” jelas Gubernur Rohidin.

ESWL sendiri merupakan media yang menggunakan alat pancar gelombang kejut yang dikonsentrasikan di sekitar ginjal, berguna untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan bersama urine. Prosedur ini cukup efektif menghancurkan batu ginjal dengan diameter kurang dari dua cm.

“ESWL adalah teknologi terbaru dalam tata laksana tindakan pada batu ginjal. Pada prinsipnya tindakan ESWL itu menggunakan gelombang kejut yang diarahkan dari luar tubuh pasien ke Ginjal,” terang Gubernur Bengkulu kesepuluh ini.

Lebih lanjut Gubernur Bengkulu kesepuluh ini menjelaskan bahwa ESWL ini adalah tindakan rawat jalan yang prosedurnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Artinya pasien datang pagi hari kemudian siangnya sudah bisa pulang.

“Yang paling penting lagi, bahwa layanan unggulan di RSUD dr. M. Yunus ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, jadi pasien sama sekali tidak membayar untuk menjalani prosedur ESWL meskipun lebih dari satu kali,” jelas mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.

Sehingga, tambah bapak tiga anak ini, melalui layanan unggulan ini pasien batu ginjal tidak perlu berobat lagi ke Jakarta atau provinsi tetangga untuk memecah batu ginjal tanpa prosedur pembedahan.

Untuk diketahui bahwa sejak kepemimpinan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, RSUD M. Yunus Bengkulu sudah memiliki tiga layanan unggulan, pertama layanan unggulan Kateterisasi Jantung (Cath Lab). Kedua, layanan unggulan bedah saraf, dan ketiga adalah layanan unggulan beda Urologi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page