Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Tercatat Sebanyak 42 Kasus HIV di Kota Bengkulu Sejak Januari Hingga Mei 2024

BENGKULU, newsikal.com – Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu Joni Haryadi mencatat sebanyak 42 orang dinyatakan positif mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Joni mengatakan, data itu dicatat sejak Januari hingga Mei 2024. Faktor tingginya kasus HIV di wilayah tersebut disebabkan karena seks bebas dan penyalahgunaan narkoba.

“Mudah-mudahan dari 42 kasus ini tidak ada penambahan secara signifikan hingga akhir tahun,” dikatakan Joni saat diwawancarai, Kamis (16/5/2024).

Ditambahkan Joni untuk mengurangi penambahan kasus ini kepada masyarakat untuk menghindari hubungan terlarang dan ia juga meminta kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar untuk mengawasi lingkungan sekitar. Seperti penyalahgunaan narkoba dan seks bebas.

“Diketahui dengan hubungan yang tidak aman yang dapat menularkan HIV sera dengan mengkonsumsi narkoba khususnya jenis jarum suntik yang dapat dengan cepat penyebarannya,” tambahnya.

Selanjutnya kepada masyarakat yang telah positif mengidap penyakit HIV agar menjaga pergaulannya supaya tidak menularkan virus kepada masyarakat yang belum terinfeksi.

“Kami himbau kepada penderita HIV agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Sehingga tidak mengalami komplikasi dan telat menerima obat,” ungkapnya.

Sebagai informasi Joni mengatak untuk obat pasien HIV di Kota Bengkulu diberikan secara gratis dengan mendatangi rumah sakit yang telah ditunjuk seperti Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD), Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) dan Ruma Sakit M. Yunus. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page