Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Terulang Kembali, Pencurian Kabel PJU Kota Bengkulu 

BENGKULU, newsikal.com – Pencurian kabel penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bengkulu kembali berulang. Kurun waktu sebulan ini sudah banyak kabel PJU hilang dari kotak kontrolnya.

Temuan kabel hilang berdasarkan laporan dari petugas saat patroli pengecekkan rutin kondisi PJU di Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan ada temuan dibeberapa titik yang kabel PJU nya telah dicuri oknum tak bertanggung jawab, sehingga membuat lampu tersebut mati.

“Ya, kabel LPTC di PJU kita banyak yang dicuri. Terindikasi pencurian itu dilakukan pada siang hari saat lampu mati, jaringan tidak ada aliran listrik, disitulah kemungkinan ditarik ataupun dicuri dari kotak kontrolnya. Jadi lampunya ada, kabel di dalam tiang kosong,” ungkap Hendri saat ditemui, Minggu (16/4).

Hendri juga menjelaskan lokasi-lokasi yang teridentifikasi kabel PJU nya dicuri. “Beberapa lokasi sudah teridentifikasi yakni Tugu hiu, sepanjang jalan Citandui, Benteng Marlborough, dan di depan gereja St Yohanes,” jelasnya.

Atas temuan ini, Dishub mengajak masyarakat berperan aktif menjaga PJU di wilayahnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan SDM di Perhubungan, dan tak memungkinkan petugas memantau keseluruhan, apalagi dengan luasnya wilayah Kota Bengkulu.

“Dengan keterbatasan itu, kami berharap masyarakat juga ikut berperan serta menjaga PJU di wilayahnya, dan apabila ada oknum dicurigai mengganggu PJU selain petugas tolong dilaporkan. Karena kalau petugas kita itu ada ID dan baju khusus yang berbeda dengan masyarakat umum,” ujarnya.

“Maka itu, apabila warga melihat atau menemukannya tolong ditegur, bila perlu laporkan ke RT, RW atau kelurahan setempat agar kami bisa menindaklanjuti dan menangkap oknum tersebut nantinya,” tambahnya.

Disamping itu, Hendri juga menjelaskan bahwasannya petugas dari Dishub rutin melakukan pengecekan PJU di Kota Bengkulu.

“Ada 2 petugas kita setiap hari rutin mengecek. Tapi karena luasnya kota ini mereka juga kewalahan. Untuk itu kami berharap partisipasi masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page