Tokoh Jurnalis Hebat di Indonesia, Rebut Kursi Ketua Umum SMSI

BENGKULU, newsikal.com – Perebutan Kursi Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) diramaikan dengan kandidat tokoh hebat di dunia jurnalistik Indonesia. Siapa itu yakni Teguh Santoso, Firdaus dan Auri Jaya.

Pemikilan Ketum SMSI ini akan dilaksanakan pada Kongres I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang akan digelar di Jakarta 20 Desember 2019 nanti. Sampai hari ini, kandidat terus melakukan penggalangan dukungan dari pengurus SMSI di berbagai provinsi di Indonesia.

Belum dapat dipastikan siapa yang paling berpeluang memimpin SMSI lima tahun kedepan. Sebab, masing-masing kandidat memiliki kans yang sama.

Sosok Teguh misalnya, dia memiliki jaringan diberbagai provinsi dan jaringan media bahkan sempat menduduki kursi ketua umum SMSI. Sedangkan Auri Jaya juga tidak bisa dianggap remeh, dia merupakan ketua panitia HPN 2020. Begitu juga dengan Firdaus yang menjabat sebagai Sekjen SMSI Pusat saat ini.

“Kita beri ruang demokrasi kepada para kandidat, ketiganya adalah aset besar SMSI yang memiliki peta kekuatan dan jaringan mumpuni, tentunya Kongres ini harus menjadi momentum berbenah sekaligus evaluasi organisasi SMSI,” kata Dr Rahimandani, Ketua SMSI Bengkulu, Rabu (11/12/2019).

Sekilas dibawah ini sosok ketiga calon ketua umum SMSI.

Teguh Santosa ;

Teguh Santosa adalah pendiri SMSI sekaligus Ketua Umum SMSI pertama. Setelah dia mengundurkan diri, karena kesibukannya di luar negeri. Teguh merupakan CEO Kantor Berita Politik Rmol. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai pengurus PWI pusat di bidang hubungan luar negeri, bahkan sosok ini merupakan mantan pengurus pusat Pemuda Muhammadiyah.

Lulusan gelar Master University of Hawaii di Manoa tahun 2009 ini, sekarang sedang menyelesaikan program doktor di Universitas Padjadjaran Bandung dan mengambil jurusan hubungan internasional.

Teguh Santosa saat ini juga merupakan dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta dan di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, sementara pada saat yang sama dia menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta. Konflik di Semenanjung Korea, Asia Timur, dan Sahara Barat, termasuk di antara minatnya dalam bidang studi ini.

Dia terlibat dalam wacana konflik ini, karena dia juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Persahabatan Indonesia dan Korea dan Presiden Asosiasi Persahabatan Indonesia dan Maroko.

Auri Jaya

Auri Jaya merupakan Ketua Umum SMSI setelah Teguh Santosa. Dia adalah salah satu direktur di media siber Jpnn.com. Kiprahnya di dunia pers menjadikan Auri dipercaya menjadi ketua panitia Hari pers Nasional tahun 2020 oleh PWI pusat.

Firdaus

Firdaus merupakan pendiri SMSI sekaligus Sekretaris Jenderal SMSI sejak pertama berdiri. Kiprahnya di organisasi pers yakni Ketua PWI Banten dua periode. Dia juga pendiri dari Journalist Boarding School (JBS), ‘Sekolah Jurnalistik Plus’ di Banten. Saat ini, Firdaus dipercaya sebagai Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat. Dia juga memiliki beberapa media berbasis siber di Jakarta dan Banten.(kay/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close