UMB Tingkatkan Integritas Filsafat, Agama dan Teknologi Mahasiswa

BENGKULU, newsikal.com – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) Fakultas Agama Islam gelar seminar internasional yang bertema “Integrasi Filsafat, Agama dan Teknologi” di aula kampus 4 UMB.(26/05/2018). Tidak tanggung-tanggung, UMB menghadirkan Presiden ICCORA dari Iran, Dr. Qaseem Muhammadi yang datang sebagai pemateri.

Dalam pemaparannya, Dr. Qaseem mengatakan, urusan agama dan kehidupan masyarakat adalah kesatuan yang utuh serta Al Quran dan hadist adalah aturan bagi manusia.

“Kita percaya bahwa masyarakat muslim tetap bisa mengelola urusan dunia, karena agama tidak bisa dilepaskan dari urusan duniawi. Alquran dan Sunnah adalah referensi utama bagi umat muslim yang juga mengatur seluruh sistem kehidupan manusia dan tetap bisa diaplikasikan tanpa harus mengenyampingkan urusan dunia” ungkap Qaseem.

Penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak

Herry Noer Aly MA yang menjabat selaku pakar studi Islam, menjelaskan mengenai pandangan agama terkait modernisasi sistem terhadap integrasi filsafat, agama dan teknologi. Ia mengatakan bahwa Islam adalah jalan hidup yang berlaku sampai kapanpun hingga akhir jaman meski kerasnya gempuran paham liberalisme, kapitalisme dan sekulerisme.

“Alquran adalah ilmu terapan yang berintegrasi dengan ilmu pengetahuan dalam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Filsafat dalam Islam sendiri harus dipahami secara komprehensif dan kita pun harus mampu mensyiarkan Islam secara kaffah,” pungkasnya.

Dalam seminar ini turut hadir Rektor UMB Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA beserta jajarannya dan Dekan Fakuktas Ilmu Agama Islam dan pemimpin Regional Muhammadiyah.  Dalam kegiatan ini juga dilakukan penanda tanganan MoU, dalam bentuk kerjasama perkembangan ilmu tauhid dan teknologi antara UMB dengan Internasional Cultural Centre of Rahmatan Lil ‘Alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close