Usulan Gubernur Batal, Alumni IPDN Asal Jambi Jadi Penjabat Bupati Bengkulu Tengah

BENGKULU, newsikal.com – Surat Keputusan (SK) tentang penetapan Penjabat Bupati Bengkulu Tengah akhirnya diserahkan Kementerian Dalam Negeri, Sabtu (21/5/2022). Dalam SK tersebut Kemendagri menetapkan Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Sekjen Kemendagri Dr. Heriyandi Roni, M.Si sebagai Penjabat Bupati Bengkulu Tengah.

Dikabarkan, penjabat Bupati Bengkulu Tengah ini merupakan alumni IPDN yang berasal dari Jambi.

Ketetapan ini jelas membatalkan seluruh nama-nama yang diusulkan Gubernur Bengkulu untuk menjabat carateker Bupati Bengkulu Tengah. Berbeda dengan beberapa daerah lain seperti Sulawesi Tenggara (Sultra), usulan Gubernur disetujui Kemendagri untuk menjabat carateker Buton Tengah.

Bahkan meskipun bukan usulan Gubernur, Pj Bupati Buton Selatan (Busel) yakni La Ode Budiman merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Selatan. Seperti itu juga di Pulau Morotai, Mendagri menunjuk Sekda nya sebagai Pj Bupati.

Selain SK, Kemendagri juga mengeluarkan surat perintah pelantikan kepada Gubernur di seluruh Indonesia, untuk melantik penjabat yang ditunjuk selambat-lambatnya tanggal 24 Mei 2022. Tegas Kemendagri jika Gubernur tidak melantik penjabat yang ditunjuk, pemerintah akan mengambil langkah-langkah tindak lanjut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di sisi lain, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan penjabat Benteng secepatnya akan dilantik, sesuai surat perintah pelantikan yang dikeluarkan Kemendagri. Hanya saja pihaknya akan menyesuaikan dengan keadaan di lapangan.(kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close