Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Wabup Wasri Mengajak Pertahankan Kearifan Lokal, Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Kecamatan Ipuh Adakan Kenduri Laut

newsikal.com, Mukomuko-Sudah menjadi Taridisi warga pesisir Pantai Sumatera melaksanakan Kenduri Jamuan laut yang sudah turun menurun dilaksanakan. Bertempat di Pantai Desa Pasar Ipuh kegiatan ini dilaksanakan.Rabu.(5/10/22)

Acara tersebut di hadiri oleh, Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu, Wakil Bupati Mukomuko, Dinas Kelautan Dan Perikanan , Forkopincam Ipuh,Apdesi Ipuh serta Tokoh adat dan Masyarakat.

Menurut masyarakat sekitar, tradisi tersebut adalah sebagai ucapan syukur atas Nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dengan kekayaan hasil laut selama ini.

Ketua panitia Kenduri Pantai dan Muara yang sekaligus Ketua Rukun Nelayan Ipuh , Suradi , mengatakan, kenduri atau jamuan laut yang dilaksanakan di Pantai Pasar Ipuh adalah kenduri laut sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT dengan kekayaan hasil laut selama ini.

“Kenduri ini didanai oleh dana sumbangan masyarakat dan perusahaan yang dikumpulkan selama ini atas kerjasama dengan pemdes yang ada di Kecamatan Ipuh”, imbuh Edi

Sementara itu, Kades Pasar Ipuh, Anang Topriansyah sebagai tuan rumah acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu demi kelancaran Kenduri Pantai dan Muara di Kecamatan Ipuh. Kenduri Pantai ini juga sebagai Edukasi kepada generasi selanjutnya untuk dapat melestarikan budaya dalam hal kearifan lokal”kata Anang.

Senada Camat Ipuh,Buyung Andri.S.Sos yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap kegiatan Kenduri Laut ini bisa menjadi salah satu acara yang mengangkat tradisi budaya dan bisa menjadi daya tarik untuk halayak luas,”ucap Camat.

Terpisah Wakil Bupati Mukomuko, Wasri yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Sebagai manusia kita harus dapat mensyukuri apa yang diberikan Allah, khususnya para nelayan yang selama ini menggantungkan hidupnya di laut. Saya berharap kepada nelayan agar mematuhi peraturan yang ada,”ungkap Wasri.

Lebih lanjut,Wasri juga berharap kepada Pemerintahan Desa Pasar Ipuh Kecamatan Ipuh untuk dapat mengembangkan sektor pariwisata khusus Pantai. Desa bisa mengerakan BUMDes bekerjasama dengan Pemerintah di Leading sektor yaitu Diasparpora bahkan ke Pemerintahan Provinsi Bengkulu dengan mengajukan konsep -konsep yang menarik dan yang terpenting harus mengedepankan kearifan lokal,”tutup Wasri

Diketahui ada beberapa kesepakatan yang di jalankan dalam acara Kenduri Pantai ini diantaranya selama 3 hari masyarakat dan nelayan sekitar tidak di bolehkan melaksanakan aktivitas di Pantai.( kB/jf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page