Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Wapres Tinjau Pameran Produk Halal UMKM, Koperasi, dan Pesantren di Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Usai menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDKS) Provinsi Bengkulu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berkesempatan meninjau pameran produk halal di Balai Raya Semarak, Jl. Indracaya, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Rabu sore (03/05/2023).

Didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wapres berkeliling meninjau seluruh stan pameran yang menampilkan beragam produk halal hasil produksi UMKM, koperasi, dan pondok pesantren (ponpes) di wilayah Bengkulu. Salah satunya, berbagai produk kerajinan batik Bengkulu dengan ciri khas motif bunga Rafflesia dan Huruf Arab Gundul tanpa makna.

Selain itu, beragam produk olahan makanan berbahan ubi, singkong, pisang, alpukat, dan lainnya yang diproduksi berbagai UMKM juga turut memeriahkan pameran ini. Termasuk juga stan Ponpes Nurul Qur’an Lebong yang berhasil membudidayakan tawon hutan Bengkulu yang mampu memproduksi madu Klanceng dengan kualitas premium.

Salah satu yang menarik perhatian Wapres pada kesempatan ini adalah stan Koperasi Perempuan Peduli Hutan yang diinisiasi kaum perempuan yang tinggal di sekitar hutan di Bengkulu. Koperasi ini sukses memproduksi berbagai macam makanan halal dengan memanfaatkan dan memberdayakan komoditas hutan. Salah satu contohnya, produk sirup dari tumbuhan Kecombrang yang dipercaya memiliki khasiat dapat menyembuhkan kanker.

Tidak hanya sukses memproduksi berbagai produk halal, Koperasi Perempuan Peduli Hutan ternyata juga berhasil menulis sebuah buku yang berisi kumpulan otobiografi para perempuan pelestari hutan dan lingkungan hidup.

“Ini bagus judulnya ‘Membangun Jalan Perubahan’, bagus sekali,” puji Wapres usai dirinya menerima buku tersebut dari salah satu anggota koperasi.

Setelah berkeliling meninjau seluruh produk halal yang dipamerkan, di lokasi yang sama Wapres kemudian menyerahkan bantuan modal usaha melalui program ZMart BAZNAS senilai Rp465 juta kepada 50 orang penerima. Adapun bantuan ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page