Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Wisata Batu Layang, Hadirkan Pesona Alam yang Alami

BENGKULU UTARA, newsikal.com – Air Terjun Batu Layang ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Bengkulu Utara. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60-70 meter dengan lebar mencapai 40 meter.

Keindahan air terjun ini juga masih sangat alami karena objek wisata ini memang belum setenar dengan objek wisata lainnya di Bengkulu. Air Terjun Batu Layang ini berada di Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara.

Keindahan yang dimiliki memang begitu luar biasa. Air terjun ini bahkan memiliki 3 air terjun sekaligus dan dengan jarak yang saling berdekatan. Ketiga air terjun ini juga mengaliri satu sungai yang sama.

Aliran air di sungai juga terbilang sedang, tidak terlalu deras sehingga lokasi ini cukup aman bagi para pengunjung yang ingin berenang bebas sambil menikmati segarnya air pegunungan. Kedalaman yang dimiliki sungai ini berkisar antara 30 cm hingga 2 meter. Nah bagi anda yang belum ahli soal renang berenang ada baiknya berada di lokasi yang tidak terlalu dalam.

Selain itu, seperti yang dikatakan Jikri, pengunjung lokal, keindahan alam yang disuguhkan dan kesejukan udara akan membuat semua rasa letih hilang seketika.

“Sebab memang susana alamnya terasa sekali. Membuat kami tak merasa lelah, karena sembari berjalan menikmati alam yang begitu indah,” ujarnya.

Layaknya suasana air terjun pada umumnya, di sekitar air terjun dan sungai ini juga dihiasi dengan bebatuan alam mulai dari ukuran yang kecil hingga yang sangat besar bentuknya pun beraneka ragam. Sehingga menjadikannya lokasi ini terlihat apik dan sangat nyaman.

Wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis pohon yang hidup disekitar air terjun ini. Begitu rindang dan menjadi pelindung bagi cahaya sinar matahari yang begitu terik. Selain itu adanya pepohonan ini juga menambah suasana begitu alami dan menjadikan udara di lokasi ini begitu segar.

Jarak air terjun dari Pusat Kota Bengkulu sekira 55 km. Jarak akan terasa lebih dekat jika bermula dari Arga Makmur yaitu sekira 15 km dan dapat ditempuh dengan memakan waktu 20 menit.

Jarak tempat ke lokasi dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu sekitar 70 km dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan rental yang banyak terdapat di Bandara Fatmawati.

Air terjun Batu Layang merupakan satu dari 80 objek wisata yang berada di Provinsi Bengkulu yang telah diprogramkan untuk terus dikembangkan dan dipromosikan sehingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang datang.

Untuk menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kemudian kendaraan dapat di parkirkan dipemberhentian terakhir yaitu Desa Batu Roto. Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki yang akan memakan waktu sekira 1 jam perjalanan.

Terlepas dari belum tersedianya berbagai fasilitas pendukung, objek wisata satu ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan berlibur yang sarat akan keasrian serta kealamian lokasinya. Menikmati kesejukan udara disini dapat menghilangkan segala kepenatan dari rutinitas bekerja sehari-hari.

Akses menuju ke objek wisata yang satu ini bisa dibilang tidak terlalu sulit namun tetap membutuhkan stamina dan tenaga yang ekstra. Layaknya objek wisata lainnya yang tersembunyi di balik hutan, akses untuk menuju pastilah tidak mudah.

Perjalanan ini nantinya akan melewati beberapa lokasi seperti menuruni lereng atau bukit, melewati hutan serta sungai-sungai kecil. Namun jangan khawatir karena selama perjalan menuju ke air terjun, akan ditemani dengan pemandangan yang sangat indah dan dapat dijamin para pengunjung tidak akan bosan.

Perjalanan melintasi lereng bukit ini akan disajikan pula dengan pemandangan yang begitu asri berlatarkan perkebunan milik para warga. Bahkan tak jarang pengunjung juga bisa bertemu dengan para petani yang sedang merawat kebun-kebun mereka.

Selain itu juga dapat dijumpai para petani yang sedang mengangkut hasil kebun mereka dan dipanggul oleh hewan ternak untuk dibawa pulang ke rumah.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page