Wisata Bukit Kaba, Mendaki Sembari Menikmati Alam Luas

REJANG LEBONG, newsikal.com – Salah satu tempat wisata alami di Provinsi Bengkulu, yaitu Bukit Kaba. Bukit kaba terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Jaraknya dari pusat Kota “Curup”, Rejang Lebong kurang lebih 15 km. Bukit Kaba miliki ketinggian 1937 mdpl, taman wisata alam dengan luas sekitar 13.940 Ha, serta berstatus gunung aktif.

Bukit Kaba sangat cocok didaki untuk pemula, karena tidak terlalu tinggi dan sudah dilengkapi 2 jalur pendakian, yakni tanah dan aspal. Perjalanan dari pos pendakian hingga puncak kurang lebih selama 2-3 jam.

Bukit Kaba memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki 2 kawah di puncaknya, yaitu kawah aktif dan kawah non aktif. Kawahnya yang berwarna hijau tosca akan mampu memanjakan mata kalian serta menghilangkan rasa penat selama perjalanan.

Seperti yang dikatakan Yuanda, dirinya udah berkali-kali mendaki bukit Kaba ini. Sampai sekarang tidak bosan-bosan.

Karena memang, dirinya menikmati alam yang ada di Bukit Kaba. Selain menikmati perjalanan menuju puncaknya.

“Bukit Kaba ini salah satu wisata favorit saya. Jika waktu lenggang saya pasti mendaki bukit ini, bisa berkemah bersama teman. Hingga mampu melepas penat yang ada,” ujarnya.

Saat di perjalanan pun, kalian akan menemukan banyak perkebunan sayur kepunyaan masyarakat lokal dan juga air sungai kecil yang sangat jernih memberikan ketenangan tersendiri. Bila beruntung, kalian bisa saja menemukan beberapa siamang yang hidup bebas di sana.

Apabila ingin menambah kesan di Bukit Kaba, ada baiknya untuk menginap dengan mendirikan tenda bersama teman atau keluarga. Kalian akan disuguhkan pemandangan bintang-bintang yang indah pada malam hari.

Faktanya, Bukit Kaba akan sangat ramai pada masa liburan, karena Bukit Kaba merupakan Bukit paling populer di Provinsi Bengkulu. Maka dari itu, aku sarankan untuk mendaki Bukit lebih awal agar bisa mendirikan tenda untuk menginap.

Selain itu, banyak mitos dari masyarakat lokal yang menyebutkan bahwa ada beberapa makhluk ghaib yang sempat menempati Bukit Kaba, sehingga apabila kalian kemari, diharapkan dapat menghormati dan tidak berbicara kotor/takabur, serta tidak sombong selama dalam perjalanan dan berwisata di Bukit Kaba.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close