Wujudkan Keluarga Sehat, Poltekkes Kemenkes Bengkulu Gelar Sosialisasi Germas

BENGKULU, newsikal.com – Poltekkes Kemenkes Bengkulu tidak henti-hentinya mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat Provinsi Bengkulu. Kali ini, sosialisasi dilakukan di Kecamatan Ratu Samban tepatnya di Hotel Puteri Gading, Minggu (6/5/2018).

Sosialisasi ini bertemakan “Melalui Germas, Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Bengkulu Wujudkan Keluarga Sehat”. Jelas, dari tema Poltekkes Kemenkes Bengkulu menginginkan masyarakat dapat menjadi keluarga yang sehat.

Antusias masyarakat Ratu Samban sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan ramainya peserta yang cukup memadati aula Hotel Puteri Gading.

Spesialnya lagi, selain Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Darwis, SKP, M.Kes, acara ini juga dihadiri Anggota DPR RI Komisi IX, Elva Hartati, Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Susulawati dan Yetti Haryani dari Kementerian Kesehatan.

Disampaikan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Darwis, dirinya sangat senang karena antusias masyarakat cukup tinggi. Tidak hanya peserta sosialisasi ini, tapi seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Bengkulu akan ikut mengkampanyekan Germas ke masyarakat.

Dialog interaktif

“Saya harap semuanya bisa menyampaikan Germas itu, yakni kegiatan fisik minimal 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah, periksa kesehatan berkala, menjaga kesehatan lingkungan, menjaga kebersihan jamban, tidak merokok dan tidak minum alkohol,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, sosialisasi ini sangat penting untuk menggugah masyarakat supaya memiliki, kesadaran dan kemampuan untuk hidup sehat yang dimulai dari dirinya sendiri.

“Kita harapkan, dengan adanya gerakan bersama ini, masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga masyarakat berupaya hidup sehat supaya tidak sakit yang sehat tetap sehat, yang sakit jadi sehat dan bila sakit yang ringan-ringan saja,” ungkapnya yang juga sekaligus membuka sosialisasi ini.

Elva Hartati saat memberikan materi hidup sehat

Anggota DPR RI Komisi IX, Elva Hartati, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena memang ini Germas adalah hasil kerja sama antara DPR RI Komisi IX dengan Kementerian Kesehatan RI.

Tidak hanya di Bengkulu tapi juga di seluruh Indonesia dan seluruh Poltekkes Kemenkes. Semuanya dibagi, baik dinas kesehatan, poltekkes ada, merata agar semua masyarakat sehat, karena sehat itu mahal.

“Jika tidak sehat, generasi penerus juga tidak akan sehat, mangkanya sering terjadi gizi buruk, stanting dan kerdil. Seluruh elemen harus ikut berperan menyampaikan ini, apalagi RT karena RT adalah garda terdepan dalam menyampaikan ini,” pungkasnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu saat menandatangani komitnen bersana Germas

Dalam sosialisasi ini juga dilaksanakan dialog interaktif. Uporia pesert sangat terlihat, banyak pertanyaan dan keluhan yang disampaikan.

Kegiatan ditutup dengan penanda tanganan komitmen bersama dalam mrlakukan Germas. Mulai dari pejabat yabg hadir dan diikuti seluruh peserta sosialisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close