Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Minta peristiwa pohon tumbang harus disikapi serius.

BENGKULU, newsikal.com – Insiden pengendara jadi korban pohon tumbang di jalur lintas Liku Sembilan Taba Penanjung – Kepahiang mendapat sorotan Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Herwin Suberhani SH, MH. Herwin meminta peristiwa pohon tumbang harus disikapi serius.

Ia menegaskan, insiden pohon tumbang itu tidak boleh dibiarkan dan harus disikapi serius, sebab dalam dua tahun terakhir ini sudah dua kerjadian serupa memakan korban jiwa di daerah yang sama.

“Perlu disakapi serius (Insiden pohon tumpang Liku Sembilan), karena kejadian ini terus terjadi memakan korban jiwa,” kata Herwin, Selasa (10/5/2022).

Jalan Liku Sembilan sendiri merupakan jalan nasional yang menjadi tanggung jawab Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu. Mereka harus melakukan upaya segera agar ke depannya tercipta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melintasi di jalur tersebut.

“BPJN Harus bersikap segera, jangan dibiarkan, masyarakat yang melintasi jalan ini harus diberikan rasa aman dan nyaman,” tegas Herwin.

Upaya yang harus dilakukan saat ini, menurut Herwin dengan melakukan penebangan pohon -pohon yang telah tua di pinggir jalan dan termasuk mengindetifikasi potensi pohon-pohon yang rawan roboh dan serta tebing rawan longsor.

Tidak hanya itu, herwin juga mengatakan upaya lagi juga harus dilakukan pembangunan pelapis tebing. Sehingga dengan adanya pelapis tebing ini bisa menahan pohon yang berada di atas jalan, sebab rata-rata pohon -pohon tumbang itu juga salah satunya faktornya tanah yang menompangnya sudah tidak lagi kuat menahan beban.

“Perlu membangun pelapis tebing agar tanah kondisi miring itu bisa tertahan,” tuturnya.

Atas hal itu, Herwin meminta pemerintah Provinsi Bengkulu untuk koordinasi dengan BPJN. Agar upaya-upaya mengantisipasi pohon tumbang itu bisa dilakukan. Sehingga tidak agi membahayakan pengendara yang melintas jalur Liku Sembilan.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanggap Darurat Badan penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Kristian Hermansyah mengatakan kejadian pohon tumbang, selain di jalan Liku Sembilan juga terjadi di Purwodadi Bengkulu Utara yang semua menimbulkan korban. Menurutnya kejadian pohon tumbang atas adanya hujan lebat disertai angin kencang dan itu hampir merata di Bengkulu.

“Saat kejadian tim BPBD kabupaten/kota dan provinsi langsung turun ke lokasi melakukan upaya penanganan,” kata kristian.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page