Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, Ajak Masyarakat Waspadai Penyakit Pernafasan Pneumonia

BENGKULU, newsikal.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Dr. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyakit pernafasan Pneumonia. Dikabarkan oleh WHO, bahwasanya ada peningkatan kasus pneumonia ini pada anak.

Peningkatan tersrbut terjadi di Tiongkok sebesar 40 persen. Penyakit ini menyerang sistem pernafasan dan belum tahu pasti apa penyebabnya.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan terhadap penyakit ini dengan nomor PM.03.01/C/4732/2023 tentang kewaspadaan terhadap kejadian mycoplasma pneumonia di Indonesia.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, sejak Mei 2023 kasus rawat jalan dan rawat inap terhadap penyakit ini meningkat. Kemudian angka kesakitan pada RSV, Adenovirus Influenza sempat meningkat meski sekarang turun.

“Maka saya mengajak masyarakat untuk waspada dengan penyakit ini. Tetap jaga kesehatan dan jaga lingkungan,” ujarnya (3/12/2023).

Ia juga menyebutkan, pihaknya akan memperketat pemeriksaan orang, binatang dan barang di bandara, pelabuhan dan pos lintas antar daerah. Terutama yang berasal dari negara yang terjangkit.

“Jika menemui kasus dalam pantauan tersebut kami akan segera laporkan ke Kementerian Kesehatan RI melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SWDR),” ungkapnya.

Tak hanya itu, Herwan juga menjelaskan cara mengurangi risiko penyakit pernafasan ini. Pertama lakukan vaksinasi untuk melawan influenza, COVID-19, dan patogen pernapasan lainnya jika itu diperlukan.

Lalu kedua, Jaga jarak dengan orang yang sedang sakit dan tetap tinggal di rumah saat sakit. Segera ke Fasyankes terdekat jika ada tanda gejala, batuk dan/atau kesukaran bernapas disertai dengan demam.

“Selanjutnya, jalani tes dan perawatan medis sesuai kebutuhan serta pakai masker sebagaimana mestinya. Terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan rajin cuci tangan memakai sabun antiseptik dan air mengalir. Pastikan ventilasi udara di sekitar tempat tinggal baik,” terang Herwan.

Dirinya berharap, penyakit pernafasan ini tidak berlangsung lama. Ia hanya bisa berpesan kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page