Bengkulu Tengah Raih Peringkat ke 2 Kepesertaan BPJS

BENGKULU TENGAH, newsikal.com – Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, mengatakan bahwa Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Bengkulu Tengah sudah mendapatkan peringkat ke 2 se-Provinsi Bengkulu, dimana jumlah kepesertaannya mencapai 98.907 Jiwa atau setara 85%. Hal ini disampaikannya saat menerima Laporan Capaian Jaminan Kesehatan Nasional Masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (20/4/2021) di Ruang Kerja Bupati.

Bupati Bengkulu Tengah menyambut baik BPJS Kesehatan Bengkulu Tengah yang menyampaikan Laporan Capaian Jaminan Kesehatan Nasional Masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah. Dirinya menerima secara langsung Laporan Capaian Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional yang di berikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah Ns Melysa Ripka Aritonang, S.Kep.

“Harapan saya kepada masyarakat untuk dapat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan tetap menjalani iuran yang dilakukan tiap bulannya. Kegunaannya adalah untuk memperlancar proses pembiayaan jika kita mengalami sakit, meskipun tiap orang tidak ingin sakit, ini merupakan langkah atau persiapan jika itu terjadi,” ujar Ferry.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang belum mengikuti Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk segera bergabung, karena jika Kepesertaan mencapai 95% akan menjadi UHC. Universal Health Coverage (UCH) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

“Nanti untuk masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah dalam melakukan pengobatan cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja,” ungkapnya.

Sedangkan itu, Kepala BPJS Bengkulu Tengah Ns Melysa Ripka Aritonang, S.Kep, menjelaskan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah mendukung program JKN untuk masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dan apresiasi yang tinggi diberikan atas peringkat ke 2 capaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Bengkulu.

“Semoga JKN ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah. Agar, Kabupaten Bengkulu Tengah akan mencapai kepesertaan 95 % sehingga menjadi UHC . Meskipun ada masalah-masalah dalam menjalankannya, semoga semua bisa di selesaikan dengan baik,” pungkas Melisa.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button
Close