Festival Tabut, Salah Satu Agenda dari 100 Wonderful Indonesia

foto : ist/newsikal.com

BENGKULU, newsikal.com – Sekarang siapa yang tak kenal Festival Tabut di Bengkulu. Selain menjadi salah satu agenda dari 100 Wonderful Indonesia, event unggulan Provinsi Bengkulu ini di tahun 2018 menjadi trending topik nasional.

Wajar saja, keunikan event Tabot menjadi ciri khas yang mampu menciptakan daya tarik yang luar biasa. Baik itu dari sisi ritualnya bahkan festival dan bazarnya.

Ritual Tabut berlangsung selama 10 hari yang bertepatan dengan tahun baru Islam yakni 1 Muharam. Sejarahnya, ritual ini dilakukan untuk mengenang gugurnya cucu Nabi Muhammad SAW Imam Husein di Padang Karbala.

Nah, dalam 10 hari itu pula Festival Tabut juga serentak dilakukan, mulai dari lomba tari, dol, ikan-ikan, rebana, sarapal anam, telong-telong bahkan tabut. Tidak hanya itu, acara yang biasa diselenggarakan di lapangan View Tower (Tugu Kampung) ini juga dimeriahkan dengan pameran dan bazar. Inilah yang membuat festival Tabut jadi semarak dan ramai dikunjungi ribuan masyarakat.

Maka, tak afdhol memang jika ke Bengkulu tidak datang ke event Tabut. Apalagi mengikuti acara ritualnya yang begitu sakral mulai dari pengambilan tanah, duduk penja, menjara, Tabut besanding yang merupakan malam puncaknya dan esoknya dilanjutkan dengan arak-arak Tabut atau Tabot “tebuang”.

Pada 10 hari ini, gemuruh bunyi alat musik dol, tasa dan suling yang berpadu hingga menjadi irama yang sedap didengar, akan terus terngiang di kepala. Sorak-sorakan pemain dol menjadi warna saat penari berlenggak-lenggok di atas panggung.

Cicip Yuuk!! Ini Rupanya Rasa yang Khas dalam Ikan Pais

Yuk ke Bengkulu!! Nikmati event Tabut dan kuliner lezat khas Bengkulu.

#yukkebengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close