Laporkan SMKN 1 kota Bengkulu, ACW Ingin Ketuk Hati Pemangku Kebijakan

BENGKULU, newsikal.com – Diduga lakukan penyelewengan terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta lakukan pungutan melalui komite sekolah, Lembaga Andalas Coruption Watch (ACW) laporkan SMKN 1 kota Bengkulu kepada Kejati Bengkulu.

Ketua umum Lembaga ACW, mengatakan bahwa laporan mereka telah disampaikan beberapa hari yang lalu terkait adanya dugaan indikasi yang merugikan keuangan Negara.

“Kemaren (Kamis) kita sudah antarkan laporan kepada pihak kejaksaan tinggi Bengkulu, terhadap SMKN 1 kota Bengkulu dengan beberapa dugaan terkait pengelolaan dana BOS dan komite,”kata Suli Hasan sembari menunjukkan bukti tanda terima surat. Sabtu (27/03/2021).

Pria yang akrab disapa Dang Suli ini juga mengatakan bahwa Pengelolaan dana BOSĀ  harus mengedepankan prinsip fleksibilitas (penggunaan dana BOS dikelola sesuai dengan kebutuhan sekolah), efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Kita semua mengetahui bahwa dimasa pandemi Covid-19 ini, bahwa sekolah lebih banyak dilakukan dari rumah masing-masing, kami ingin mengetuk hati para pemangku kepentingan agar dana BOS seluruhnya digunakan untuk peningkatan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran,”ujar Dang Suli.

Ia juga mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya tidak ingin ada kepsek dan guru yang berhadapan dengan hukum karena menurutnya guru adalah pahlawan.

“Laporan sudah kita sampaikan, biarkan hukum yang bertindak seadil-adilnya kita cuma berharap tidak ada pilih kasih dalam menegakkan hukum,”tegasnya. (D12).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close