Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Menteri Agama Umumkan 1 Ramadhan Hari Minggu

JAKARTA, newsikal.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan, satu Ramadhan jatuh pada hari Minggu 3 April. Penetapan ini diumumkan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil pada konferensi persnya tadi malam usai sidang Isbat, (1/4/2022).

Penetapan hasil Sidang Isbat ini melibatkan tim unifikasi kalender hijriah kemenag dan duta besar negara sahabat serta ormas Islam, DPR, BMKG dan pihak terkait lainnya. Penetapan juga diambil dari laporan 101 titik yang dianggap tidak melihat bilal.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah diatas ufuk akan tetapi belum memenuhi kriteria mabims baru yaitu ketinggian bilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat serta laporan rukyatul hilal. Secara mufakat bahwa satu Ramadhan tahun 1443 hijriah jatuh pada hari ahad, 3 April 2022 masehi,” ucapnya.

Dikatakannya juga, dalam menentukan hilal Kemenag menggunakan dua metode, dimana metode ini satu sama lain tidak bisa terpisahkan. Metode tersebut yakni hisab dan rukyatlul hilal.(kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page