Rohidin Wujudkan Mimpi Bengkulu Miliki Jalan Tol

Awal Agustus, Pembangunan Tahap Pertama Dimulai

BENGKULU, newsikal.com – Impian masyarakat Bengkulu memiliki jalan Tol akan segera terwujud. Pasalnya, beberapa waktu lalu, tepatnya 28 Juni 2019, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menerbitkan Surat Keputusan (SK) lokasi pembangunan tahap pertama Tol Bengkulu-Lubuk Linggau dan awal Agustus ini pembangunan akan dimulai.

Tahap pertama ini pembangunan dimulai dari Betungan Kota Bengkulu menuju Karang Tinggi Bengkulu Indah.

Tol Bengkulu-Lubuk Linggau memiliki pajang 110 km. Tol ini juga akan terhubung dengan Tol Lubuk Linggau-Palembang. Dengan ini jelas perjalanan lebih cepat dan efisien.

Nantinya, Tol ini akan dikerjakan oleh PT Utama Karya. Tidak tanggung-tanggung, untuk membangun ini PT Utama Karya berinvestasi sebesar 33,124 miliar rupiah, termasuk biaya perencanaan dan supervisi.

Dalam penetapa lokasi pembanguna sesi pertama ini ada 4 kecamatan yang dilalui jalan Tol, dari 4 kecamatan terseut ada 295 bidang tanah milik warga terkena pembangunan. Dari konsultasi publik, seluruh warga menyetujui sebagian tanah digunakan untuk pembangunan Tol.

Proses selanjutnya, SK penetapan lokasi ini nantiya akan diserahkan kepada Kementerian PUPR RI untuk dilakukan pemebasan lahan.

“BPN akan langsung turun untuk melakukan pembebasan lahan atau ganti rugi. Targetnya, awal Agustus pembangunan sudah mulai dilakukan,” ujar Gubernur Bengkulu, beberapa waktu lalu.

Jika selesai tahap pertama ini, nantinya akan ddilajutkan tahap ke tiga dan seterusnya terakhir tahap kedua. Pembangunan tahap kedua ini akan dilegkapi denngan 2 jembatan layang dan 1 trowongan.

Jembatan layang di Kabupaten Kepahiang sepajang 1600 meter dan kedua di Bengkulu Tengah sepanjang 320 meter. Pembangunan hanya dilakukan di Kabupaten Kepahiang untuk menembus pegunungan.

Dalam targetnya, Tol ini akan rampung  di tahun 2022 yakni tahap ketiga akan selesai tahun 2021. Maka dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu pembangunan trowongan dan jalan layang, diperkirakan selesai tahun 2022.(adv/kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close