Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Festival Tabut 2023 Tampilkan Kolaborasi Budaya Kesenian Nusantara

BENGKULU, newsikal.com – Festival Tabut 2023 resmi dibuka Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Event Tabut tahun ini tampak istimewa karena masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Tabut Bengkulu ini sudah masuk dalam KEN 2023, hal ini tidak lain dari kekuatan budaya yang ditampilkan dan peran kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat,” ujar Gubernur usai membuka Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka Bengkulu, Selasa (18/7).

Lebih lanjut, menurut Rohidin, pelaksanaan tabut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram), ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Bengkulu yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

“Sekarang mulai terasa, pergerakan ekonomi di masyarakat lewat sinergi bersama para pelaku UMKM pada setiap event tabut yang dilaksanakan dari tahun ke tahun,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Terakhir, momen tabut ini akan menampilkan berbagai kesenian dari pelaku seni di Provinsi Bengkulu, dan ada juga lomba-lomba untuk memeriahkan Festival Tabut 2023 seperti atraksi dhol, tari kreasi, telong-telong, dan ikan-ikan. Di samping itu, juga ada kolaborasi budaya antar provinsi-provinsi tetangga.

“Malam ini tadi sudah tampil kolaborasi budaya dari DKI dengan Ondel-Ondel dan Barong Landong budaya khas masyarakat Lembak. Antusias untuk tampil dari berbagai macam keragaman budaya kesenian Bengkulu ini semakin besar di bawah Asosiasi Kesenian Bengkulu yang setiap malam akan menampilkan kesenian yang ada di Provinsi Bengkulu,” pungkas Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno turut menyapa masyarakat Bengkulu secara online. Menurutnya, ditetapkannya Festival Tabut dalam KEN 2023 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Semoga event berjalan dengan lancar dan terus mempromosikan daya tarik Parekraf Provinsi Bengkulu yang berdampak positif pada peningkatan ekonomi nasional serta menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ucap Sandiaga lewat pesan video.

Sandiaga juga turut mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu untuk ikut memeriahkan Festival Tabut 2023.

“Ayo meriahkan, Tahun lalu saya sudah datang ke Festival Tabut. Tentunya event ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memajukan sektor Parekraf di provinsi Bengkulu,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page