Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Hasil Survei LEKAD, 20 Tokoh Berpeluang Maju Pilwakot 2024

BENGKULU, newsikal.com – Jelang Pemilihan Walikota (Pilwakot). Sejumlah nama kandidat calon mulai bermunculan ditengah masyarakat. Bahkan baru-baru ini Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD) tuntas melakukan survei indikator sejumlah tokoh-tokoh yang berpeluang maju Pilwakot 2024 mendatang.

Hasil survei LEKAD, menyimpulkan ada 20 besar nama yang berpeluang kuat untuk maju Pilwakot mendatang. Diantaranya yakni ada nama Gusril Pausi merupakan mantan Bupati Kaur menempati posisi teratas dalam survei kali ini, terus ada nama Yulfiperius yang saat ini menjabat sebagai Rektor Unihaz Bengkulu, disusul nama Arif Gunadi yang posisinya saat ini menjabat Karateker Walikota Bengkulu.

Lalu ada nama Dewi Coryati yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Dempo Xler yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, ada juga nama Mardiyanti yang saat ini menjabat Anggota DPRD Kota dua periode dari Fraksi PAN dan juga dikenal sebagai Ketua Timses Pasangan Helmi-Dedy Pilwakot periode lalu.

Kemudian ada sosok Yudi Darmawansyah yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD kota, lalu ada Dedy Wahyudi mantan Wakil Walikota periode 2018-2023, bahkan sosok Sudisman yang merupakan Anggota DPRD kota dua periode juga dapat diperhitungkan. Tidak hanya itu nama Bambang Hermanto yang saat ini menjabat Ketua Komisi I DPRD kota masuk dalam hasil survei LEKAD.

Selain itu nama Syafriandi juga masuk dalam hasil survei LEKAD, Syafriandi diketahui saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, lalu ada Ariyono Gumay yang saat ini menjabat Anggota DPRD Kota dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selanjutnya ada nama Suprianto yang saat ini masih menjabat Ketua DPRD Kota Bengkulu, lalu ada muncul sosok baru Hero Heto yang dikenal dari kalangan pengusaha ini yang disebut-sebut bakal jadi kuda hitam, selain itu nama Elfi Hamidi mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu ini juga diperhitungkan.

Kemudian tak asing lagi ada nama mantan Wakil Walikota Patriana Sosialinda diprediksi juga dapat maju dalam Pilwakot mendatang, lantaran ia saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kota Bengkulu, selanjutnya ada nama tiga orang anggota DPRD Provinsi yang masuk dalam survei yakni Suimi Fales, Sumardi, Usin Sembiring bakal bersaing ketat serta juga ada nama mantan Sekda Kota Bengkulu Marjon pun masuk dalam kandidat yang berpeluang maju.

Presiden Direktur LEKAD, Frentindo memaparkan, hasil survei yang telah dilakukan tersebut sifatnya hanya sementara. Ia menjelaskan, bahwa survei indikator tersebut dilakukan dari tanggal 29 September 2023 sampai tanggal 3 November 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Untuk total sampel ada 800 responden tersebar proporsional di 67 Kelurahan Kota Bengkulu. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,5 persen, tidak menjawab 7,75 persen serta pada tingkat kepercayaan 90 persen.

“Untuk hasil survei yang telah kami lakukan bahwa nama Gusril Pausi sementara ini menempati posisi teratas. Karena sosok Gusril selain dikenal sebagai mantan Bupati Kaur, juga masyarakat di Bengkulu rata-rata mengenal sosok beliau. Karena beliau juga selain dikenal mantan ASN Pemkot, beliau juga bertempat tinggal di Kota Bengkulu,” beber Frentindo.

Selain itu sambung Frentindo, sejumlah nama lainnya seperti Rektor Unihaz Bengkulu Yulfiperius serta Karateker Walikota Arif Gunadi juga diperhitungkan kuat. Lantaran kedua sosok ini terus menjadi pembicaraan hangat dimasyarakat.

“Selain itu nama yang diperhitungkan lainnya seperti ada sosok tiga Politisi PAN yakni Dempo Xler, Dewi Coryati dan Mardiyanti, mereka digadang-gadangkan nantinya akan maju dalam Pilwakot. Hal ini juga menjadi temuan kita di lapangan, dari pergerakan yang telah mereka lakukan ditengah masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Frentindo, hasil survei ini sifatnya hanya sementara. Dan sewaktu-waktu bisa berubah di lapangan, tergantung dari masing-masing pergerakan kandidat yang berkeinginan maju dalam Pilwakot 2024.

“Sebaiknya waktu yang mepet saat ini, sudah seharusnya para kandidat untuk gencar turun kelapangan. Sebab untuk survei tahap kedua nanti akan kita laksanakan di awal tahun 2024, menjelang tahapan Pilkada dimulai,” jelasnya.(red)

Hasil Survei LEKAD, 20 Tokoh Berpeluang Maju Pilwakot 2024:

  1. Gusril Pausi: 14 %
  2. Yulfiperius: 13,5 %
  3. Arif Gunadi: 11 %
  4. Dewi Coryati: 8,5 %
  5. Dempo Xler: 7.5 %
  6. Mardiyanti: 7%
  7. Yudi Darmawansyah: 6%
  8. Dedi Wahyudi: 5%
  9. Sudisman: 4%
  10. Bambang Hermanto: 3.5%
  11. Syafriandi: 3%
  12. Ariyono Gumay: 2.5%
  13. Suprianto: 2%
  14. Hero Heto: 1.5%
  15. Elfi Hamidi: 1%
  16. Patriana Sosialinda: 0.7%
  17. Suimi Fales: 0.65 %
  18. Sumardi: 0.5%
  19. Marjon: 0.25 %
  20. Usin Sembiring: 0.15%

Belum Menjawab: 7,75 %

Margin Error: 2,5%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page