Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Kasus TBC 867 di Kota Bengkulu, Dewan Dorong Upaya Deteksi Dini

BENGKULU, newsikal.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu dapil Kota Bengkulu Suimi Fales mengingatkan semua pihak agar mewaspadai dan mengantisipasi tren peningkatan kasus tuberkulosis (TBC).Menurutnya, upaya pencegahan penyebaran sejumlah penyakit menular seperti TBC harus ditingkatkan

”Kewaspadaan dengan memperluas cakupan deteksi dini TB di sejumlah daerah yang rawan peningkatan kasus harus segera dilakukan, untuk mencegah terus meningkatnya potensi kasus TBC di Kota Bengkulu,” kata wan Sui sapaan akrab Suimi Fales.

Wan Sui mendorong agar pemerintah di tingkat pusat dan daerah proaktif melakukan upaya promotif dan preventif dalam mencegah peningkatan kasus TBC.

“seperti yang Kita ketahui pengobatan TBC ini membutuhkan yang cukup lama, bisa samapi 6 bulan mengkomsusmsi obat secara rutin,” jelasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Tabrani, menjelaskan bahwa tingginya kasus TBC di Kota Bengkulu disebabkan oleh banyak warga yang memiliki gejala batuk selama lebih dari dua pekan namun tidak memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Penyakit TBC cenderung sulit dideteksi lantaran kesadaran masyarakat yang menganggapnya sebagai flu batuk biasa. Sehingga kasus yang masuk, baru terdata setelah ada proses skrining di pusat pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Untuk mencegah penyebaran TBC, Tim kesehatan Kota Bengkulu terus melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan dan membawa alat-alat kesehatan seperti pot dahak untuk memeriksa kesehatan masyarakat. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page