Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pengamanan Idul Fitri, Bupati Kaur Hadiri Rapat Lintas Sektor

KAUR, newsikal.com – Bupati Kaur H. Lismidianto, SH, MH bersama Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman, S.IK, M.IK, M.Si didamping PJU Polres kaur beserta beberapa Kepala OPD menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Mabes Polri bersama Kementerian/Lembaga tentang Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1444H/2023M secara virtual dari ruang vidcon polres Kaur, Kamis (6/4/2023).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. dalam arahannya menyampaikan puncak arus mudik diperkirakan H-1 (Jumat, 21 April 2023) dengan potensi pergerakan 18,7 juta orang (15,1%). Terjadi peningkatan diperkirakan mulai H-3 (Rabu,19 April 2023).

Kementerian Perhubungan memproyeksikan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang pada Lebaran 2023 yang masih didominasi menggunakan transportasi pribadi.

“Tahun lalu kita bersama berhasil melakukan pengamanan event mudik Lebaran 2022, dimana Bapak Presiden memberikan apresiasi dan masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan serta penanganan arus mudik,” tutur Menko PMK dalam arahannya

Menko PMK menghimbau agar upaya pengamanan pada event mudik Lebaran 2023 harus lebih ekstra, karena diprediksi akan terdapat lonjakan pergerakan masyarakat dibandingkan dengan tahun 2022. Pergerakan masyarakat pada Lebaran 2023 sebesar 45,8 persen atau 123,8 juta orang meningkat 44,8 persen atau 38,3 juta orang dibandingkan pada lebaran 2022 sebesar 31,6 persen atau 85,5 juta orang.

Hal senada disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., upaya Polri guna menekan jumlah laka lantas pada ops ketupat 2023 yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 15 hari dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

“Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan laka melalui analisa data dan anatomi laka pada tahun sebelumnya, ” ujar kapolri

Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan laka dengan memasang himbauan memasuki lokasi rawan laka dan rambu portable.

Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders yakni Dishub dan Menkes melakukan uji kelayakan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya.

Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan sarpras penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.

Usai mengikuti rapat tersebut Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman, S.IK, M.IK, M.Si mengatakan Polres Kaur bersama Forkopimda dan stakeholder terkait serta potensi masyarakat turut mensukseskan agenda tahunan dan agenda rutin untuk menjaga arus mudik dan arus balik yang dilakukan masyarakat pada Idul Fitri 1444 H nanti

“Bersama stake holder kita akan turut menjaga mudik biar aman, nyaman dan selamat,” Ujar Kapolres

Sesuai dengan petunjuk Kapolri pada rapat tadi, Kapolres menyampaikan bahwa Polres Kaur akan melaksanakan Operasi Ketupat selama 14 hari yang melibatkan personil Polri dan stake holder dengan mendirikan pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu

“Pada Operasi Ketupat 2023 ini, Polres Kaur akan medirikan satu Pos pelayanan yang berada di desa linau, serta Pos pengamaan yang ada di pantai laguna dan pantai pengubaian yang merupakan temnpat tujuan wisata,” pungkas Kapolres (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page