Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Volume Sampah Meningkat Selama Ramadan, Pemkot Siapkan Kontainer Tambahan

BENGKULU, newsikal.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu melalui Kepala Bidang Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Rusman, memperkirakan volume sampah selama ramadan 2024 akan meningkat.

Diperkirakan volume sampah mencapai 3-7 ton per hari. Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga memasuki hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah mendatang.

Di bulan ramadan, kata Rusman, memang ada peningkatan jumlah sampah mengingat berbagai aktivitas berjualan santapan berbuka puasa dimana-mana atau sampah rumah tangga, tetapi tidak begitu signifikan.

“Kalau dilihat dari tahun ke tahun pada hari raya itu pasti ada penambahan volume sampah, kalau kita hitung 5-6 kubik 1 mobil dump truk dengan berat 2-3 ton yang dibawa ke TPA,” ujar Rusman, Selasa (2/4).

Mengantisipasi hal tersebut, DLH telah menyediakan kontainer sampah di sejumlah titik yang rawan penumpukan, seperti di pasar dan terminal.

Rusman menambahkan, pihaknya saat memasuki hari raya selalu bekerja keras untuk mengurus masalah sampah dan membuat lingkungan selalu bersih dari sampah.

Di beberapa titik penumpukan sampah, DLHK Kota Bengkulu telah menyediakan 1 unit kontainer sampah yang setiap harinya selalu diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Air Sebakul.

Akan tetapi untuk sampah rumah masyarakat, saat ini dikelola oleh pihak kelurahan lewat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Kita tidak mengambil lagi sampah rumah tangga (SRT) di rumah masyarakat kecuali di jalan poros dan di tempat usaha. Karena sudah ada LPM yang mengelola sekarang,” jelasnya.

Harapannya, saat idul fitri kondisi di Kota Bengkulu sudah bersih. “Di hari H lebaran mungkin kita juga melakukan pengangkutan sampah-sampah yang kurang sedap dipandang dibeberapa tempat,” tutupnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page