Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

16 Kelompok Tani di Seluma Terima Bantuan Alsintan

Seluma, newsikal.com – Guna mendongkrak hasil pertanian, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi Sp bersama dinas Dinas TPHP Provinsi Bengkulu menyerahkan bantuan alsintan kepada 16 kelompok tani di kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, mengatakan potensi pertanian di Kecamatan Seluma Selatan berupa padi, tanaman hortikultura, palawija, perkebunan dan peternakan.

Meski dalam keadaan kemarau kegiatan area persawahan masih terus berjalan lantaran area persawahan masih teraliri air. Meski ada area persawahan yang sudah mengaliri kekeringan.

“Potensi yang dimiliki kecamatan seluma selatan berupa area persawahan untuk ditanami padi, hortikultura, palawija, perkebunan dan peternakan,” kata Arian Sosial.

Kemudian ada beberapa keluhan yang jug disampaikan, oleh Mulyan ansori selaku petani serunting sakti kelurahan rimbo kedui bahwa pihaknya saat ini kesulitan air lantaran belum meratanya pembangunan irigasi, selain itu belum adanya jalan usaha tani dan jalan sentra produksi.

“Kita menginginkan adanya pembangunan Irigasi di area persawahan kita lantaran belum teraliri air secara maksimal, serta pembangunan sentra produkai dan adanya pembangunan jalan usaha tani,” sambut Mulyan Ansori.

Terkait hal ini, Jonaidi, SP meminta kelompok tani untuk segera membuat dan menyampaikan proposalnya agar nanti diusulkan ke Pemerintah Provinsi maupun kewenangannya pihak Balai Sungai yang nantinya yang dapat kita bangun irigasi tersiernya.

“Nanti setiap kelompok tani segera membuatkan proposal, nantinya akan kami serahkan kepada pemerintah untuk di tindak lanjuti,” ungkapnya

Namun Jonaidi, SP meminta agar area persawahan tidak dialih fungsikan ke lahan perkebunan sawit. Dikarenakan kecamatan Seluma Selatan merupakan irigasi area hilir penampung air dari hulu sebelum ke lautan yang memang area produksi padi di seluma.

“Kecamatan seluma selatan ini hampir seluruhnya pengairannya berasal dari balai sungai dan itu merupakan kewenangan pusat, namun untuk irigasi tersier atau irigasi teknis atau area irigasi cacing kita dapat anggarkan dalam pembangunan di apbd provinsi namun perlu adanya usulan dari masyarakat,” ujar Jonaidi

Dalam kegiatan grebek sawah tersebut dihadiri 16 kelompok tani selaku penerima bantuan alsintan dengan bantuan yang diterima berupa 1 unit handtraktor, 4 unit handspayer dan 11 unit terpal. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page