Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Benahi SDI, Pemda Kabupaten Kaur Gandeng Bappeda Provinsi Bengkulu

KAUR, newsikal.com – Dalam upaya membenahi dan mempercepat pengelolaan Satu Data Indonesia (SDI) di Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kaur, menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu.

Bappeda -Litbang Kabupaten Kaur mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Forum SDI Tahun 2023. Pada Rakor tersebut dihadiri langsung Kepala Sub-Koordinator Data dan informasi Bappeda Provinsi Bengkulu Anggadi Granang, S.IP.,M.A.P beserta Staf, Sub-Koordinator Bidang E-goverment dan Sub-Koordinator Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian.

Dalam sambutanya Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Kaur Suhadi berharap proses pengelolaan data berjalan dengan lancar sesuai dengan standar dan mekanisme yang berlaku.

“Saat ini proses pengelolaan Saru Data di Kabupaten Kaur belum berjalan dengan maksimal. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini semua kendala dan hambatan yang ada bisa disampaikan langsung melalui Forum ini. Supaya kedepannya kita bisa melakukan evaluasi agar masalah Satu Data di Kabupaten Kaur dapat berjalan dengan baik,” ujar Suhadi.

Sementara itu Kepala Sub-Koordinator Data dan Informasi Bappeda Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa keberadaan Satu data untuk Kabupaten Kaur sudah dibangun di tahun sebelumnya, hanya saja dalam proses pengelolaannya masih perlu pembenahan serta dukungan dan kesadaran dari semua Organisasi Perangkat Daerah akan pentingnya Satu Data di dalam Pemerintahan.

“Dengan adanya keberadaan Satu Data ini mari kita manfaatkan dengan baik, dengan melakukan tata kelola yang lebih terstruktur dan terorganisir dibawah naungan Wali Data yakni Dinas Kominfo. Oleh karena itu dalam pengumpulan data diharuskan setiap OPD mempunyai kewajiban untuk menyampaikan atau melaporkan data yang dibutuhkan secara berkala kepada pihak BPS guna disampaikan ke pihak wali data ( Dinas Kominfo),” kata Anggadi.

Lebih lanjut Anggadi menjelaskan bahwa membangun SDI yang baik harus diperlukan Portal.

“Oleh sebab itu saya berharap Pemerintah daerah kabupaten kaur juga harus membangun instalasi Portal SDI yang lebih baik serta didukung oleh anggaran yang ada dan juga didukung oleh semua pihak,” jelasnya.

Dikatakan Anggadi, Pemkab Kaur harus melakukan koordinasi dengan Pemda yang sudah memiliki Sistem Pengelolaan Data yang lebih baik.

“Sehingga secara teknis pengelolaan data akan lebih terorganisir, dan data yang dihasilkan pun akan lebih Valid dan berkualitas serta dapat dipertanggung jawabkan,” pungkasnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page