Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

BPOM: Takjil di Pasar Ramadhan Kota Bengkulu Bebas Bahan Kimia 

BENGKULU, newsikal.com – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu mengatakan jajanan takjil yang dijual di pasar Ramadan RBTV dan Kelurahan Kampung Kota Bengkulu bebas dari campuran bahan kimia.

Kepala BPOM di Bengkulu Yogi Abaso mengatakan, sebanyak 50 sampel yang di ambil secara acak di dua lokasi tersebut tidak mengandung bahan kimia atau memenuhi syarat (MS) untuk dijual. Sampel yang diambil seperti gorengan, minuman, gulai sampai makanan ringan.

“Ada 4 indikator campuran bahan kimia yang kita cek seperti boraks, formalin, rhodamin B dan kuning metanil. Dari sampel yang kita ambil kita tidak menemukan campuran bahan kimia pada makan dan minuman yang dipasarkan,” kata Yogi, Rabu (13/3/2024).

Pengawasan ini dilakukan langsung oleh BPOM bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan yang akan dilakukan intensif mulai dari awal Ramadan hingga akhir Ramadan.

“Kita akan melakukan pengawasan BPOM di Bengkulu dan juga akan mengunjungi kabupaten untuk memastikan bahwa seluruh jajanan takjil yang dijual aman dari bahan berbahaya,” tegas Yogi.

Hal yang sama disampaikan petugas di lapangan juga turut melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait dengan keamanan pangan dan cara memilih takjil yang aman.

Yogi berharap dengan masifnya pengawasan dan KIE masyarakat semakin tau cara memilih makanan yang aman dan terbebas dari bahan bahaya seperi warna mencolok dan melakukan cek kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk pada label dan memiliki surat izin edar serta mengecek masa kadaluwarsa. (Cw1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page