Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Cegah DBD, Zainal Imbau Masyarakat Laksanakan PSN

BENGKULU, newsikal.com – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Zainal mengimbau masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit DBD ini ni disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti yang berkembang di lingkungan.

Dikatakanny,  munculnya DBD ini salah satu faktor karena adanya pergantian cuaca dari musim ke marau ke musim hujan. Sehingga, upaya pencegahannya yang paling efektif itu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola 4M plus secara rutin.

“Maka mari kita menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 4M plus (menguras bah mandi, menutup penampungan air, mengubur barang bekas dan memantau),” Kata Zainal, Senin (18/3/2024).

Zainal juga menyoroti pentingnya langkah-langkah antisipatif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini penderitanya mulai muncul ditengah-tengah masyarakat di Bengkulu.

“Dengan melakukan langkah-langkah preventif ini secara terencana dan menyeluruh, diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya penyebaran DBD di Provinsi Bengkulu,” tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Ruslian, SKM, M.Si mengatakan kasus DBD setiap minggunya mengalami peningkatan dilihat dari perbandingan minggu ke 6 berjumlah 115 kasus, minggu ke 7 berjumlah 138 kasus, minggu ke 8 berjumlah 148 kasus dan minggu ke 9 berjumlah 191 kasus. Menurutnya meningkatnya kasus DBD disebabkan musim penghujan.

“Kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma, Lebong  dan kota Bengkulu yang paling tinggi sedangkan yang paling rendah di Kabupaten Kepaihang,” Katanya.

Saat ini Dinkes Kabupaten/kota  sudah melakukan fogging fokus diarea 100 meter dari rumah masyarakat yang terkena DBD. Kabupaten yang sudah melakukan fogging Bengkulu Selatan 67 titik, Lebong 37 titik, Seluma 28 titik, Kaur 21 titik, Mukomuko 15 titk.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page