Ketua POSPERA Bengkulu Menyerahkan NIB UMKM Angkringan Mas Bro.

BENGKULU, newsikal.com – Ketua DPD Posko Perjuangan Rakyat atau biasa disebut (POSPERA) Provinsi Bengkulu menyerahkan NIB UMKM kepada owner Angkringan Mas Bro yang didampingi oleh beberapa Anggota POSPERA Bengkulu, Senin (2/1/2023).

Sugiarto, SH, MH selaku Ketua DPD Pospera Bengkulu menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk dari konsistensi Pospera dalam memperjuangkan hak-hak rakyat salah satunya di bidang ekonomi kreatif dan juga hal-hal lain seperti kesehatan, sosial, budaya, kemanusiaan juga akan dikerjakan bersama kawan-kawan anggota POSPERA Bengkulu.

Sementara itu, POSPERA Bengkulu nantinya akan mengadakan Festival UMKM pada tanggal 21 Januari 2023, sebagai rangkaian acara panggung rakyat sekaligus deklarasi dan pelantikan DPD Pospera Bengkulu.

“Salah satu kegiatan dari POSPERA ialah melakukan pendampingan pelaku UMKM dalam hal ini salah satunya yaitu UMKM Angkringan mas bro, milik Bapak Aziz dalam pembuatan nomer induk berusaha (NIB) sebagai mana yang tertuang dalam Pasal 6 UU Tentang Cipta Kerja”, ujar Sugiarto.

Perlu diketahui juga bahwasanya NIB adalah nomor identitas pelaku usaha sesuai dengan bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020 yang dibedakan menurut jenis aktivitas ekonomi yang menghasilkan output alias produk, baik itu dalam wujud barang maupun jasa. Nomor identitas tersebut terdiri dari tiga belas digit atau angka yang di dalamnya terdapat pengaman dan tanda tangan elektronik. Fungsi NIB bukan hanya sebagai identitas, melainkan juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan bagi perusahaan melakukan kegiatan ekspor impor.

Dengan mengurus NIB, usaha menjadi terjamin legalitasnya. Selain itu pengurusan NIB juga menambah peluang usaha, di antaranya fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, juga kesempatan mengikuti pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Pembuatan NIB ini sangatlah penting karena menjadi titik awal untuk mengurus izin yang lain, termasuk sertifikasi halal. Pelaku UMKM yang sudah mengantongi NIB, artinya usahanya sudah formal, karena teregister dalam database. Jika sudah terdata, akan lebih mudah mengembangkan usahanya” ujar ketua DPD POSPERA.

Pendampingan dalam pembuatan NIB ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Anggota DPD POSPERA Provinsi Bengkulu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button