Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Optimalkan Pemberdayaan Zakat, Tekan Angka Kemiskina

BENGKULU, newsikal.com – Upaya pengentasan kemiskinan dan peretasan ketertinggalan di Bengkulu, sejauh ini terus digencarkan Pemda Provinsi Bengkulu dengan menggandeng berbagai Kementerian terkait. Salah satunya bekejasama dengan Kementeriaan Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PKM RI).

Adapun bentuk kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu denhan Kemenko PKM ini, terkait penguatan kerjasama antar kementerian dan lembaga dalam pemberdayaan zakat.

Dijelaskan Asisten Deputi Pemberdayaan dan Kerukunan Uman Beragama Kemenko PKM RI Aris Darmansyah, Penguatan Kerjasama Pemberdayaan Zakat ini, memiliki sejumlah sasaran yang ingin dicapai. Diantaranya, mendapatkan gambaran tentang hal-hal yang dapat memperkuat kerjasama antar lembaga keagamaan, khususnya optimalisasi pemberdayaan/ penggunaan zakat sebagai penunjang dalam program pembangunan manusia.

“Berkaitan tugas dan fungsi kami, bersama seluruh pemerintah daerah mencoba mengoptimalkan penggunaan zakat untuk peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Sebagaimana kita ketahui bahwa potensi zakat itu sangat besar sekali, sehingga bisa membantu menurunkan angka kemiskinan di Bengkulu,” terangnya pada Rapat Koordinasi Penguatan Kerjasama Antar Kementerian dan Lembaga Dalam Pemberdayaan Zakat, di Ruang pertemua salah satu Hotel di Kota Bengkulu, Rabu (29/08).

Lanjut Aris Darmansyah, data Badan Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu, potensi zakat yang bisa dikumpulkan cukup besar yaitu hingga 8 milyar rupiah per tahunnya. Sementara jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan selama 1 tahun terakhir sebesar 2,8 milyar rupiah dengan jumlah yang disalurkan sebesar 2,4 milyar rupiah.

“Jelas ini potensinya sangat besar potensinya. Jika ini diberdayakan dan dikelola dengan baik, maka saya kira upaya menekan angka kemiskinan akan semakin meningkat,” tutupnya.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu jelas menyambut baik program optimalisasi zakat ini, karena secara langsung turut membantu menekan angka kemiskinan daerah. Menurutnya, optimalisasi pengumpulan zakat tersebut akan sukses sesuai target, jika stek holder bersama pemerintah bersinergi.

“Memang kita akui bersama masih jauh dari harapan yang sesuai dengan hasil pendataan potensi zakat yang ada. Tapi Pemprov Bengkulu akan terus berusaha untuk meningkatkan, baik dari jumlah orangnya maupun jumlah financial yang terkumpulkan,” ungkap Hamka Sabri.

Sementara itu, dari rapat koordinasi yang turut dihadiri Kepala BI Perwakilan Bengkulu, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, perwakilan anggota BAZNAS RI dan Provinsi Bengkulu serta Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bengkulu, menghasilkan beberapa kebijakan.

Seperti peningkatan koordinasi dan kejasama Baznas Provinsi dan Pemda Provinsi Bengkulu serta ditingkat Kabupaten-Kota, sosialisasi Berzakat kepada masyarakat serta Optimalisasi zakat dari para ASN Se-Provinsi Bengkulu.(rls) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page