Pelaksanaan Perayaan Tabut 2023 Dipusatkan di Lapangan Merdeka

BENGKULU, newsikal.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu beserta Tim Panitia Pelaksana serta Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) melakukan rapat besar guna mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan perayaan Tabut 2023 Provinsi Bengkulu, di Gedung Pola Provinsi Bengkulu, Senin (19/6).

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri yang memimpin Rapat Besar Persiapan Perayaan Tabut Tahun 2023 ini mengklaim persiapan untuk perayaan Festival Tabut 2023 saat ini tidak ada kendala yang berarti.

Seluruh tim panitia pelaksana dan juga KKT telah siap melaksanakan event nasional tersebut dengan tetap melakukan koordinasi.

“Karena ini event nasional maka kita tidak main-main untuk melaksanakannya, seluruh panitia dan KKT maupun Tabut Budaya sudah siap untuk melaksanakan perayaan Tabut 2023 ini,” tutur Sekda Hamka, usai rapat.

Namun di samping itu, lanjutnya, guna lebih menajamkan lagi persiapan pelaksanaan perayaan Tabut tersebut, akan dilakukan rapat teknis pada setiap bidang yang menangani sesuai SK (Surat Keputusan) yang telah ditetapkan gubernur.

“Pada prinsipnya semua tim panitia telah siap, namun perlu dilakukan rapat teknis secara khusus setiap seksi. Sehingga jangan sampai perayaan Tabut ini yang sudah masuk dalam Kalender of Event ini terkesan hanya sekedar pasar malam saja,” ungkapnya.

Selain itu, sesuai keputusan gubernur, kata Sekda lagi, perayaan Tabut tahun ini maupun pesta rakyat dipusatkan di satu titik lokasi saja yaitu di Lapangan Merdeka dan tidak ada di lokasi lainnya.

“Gubenur sudah memutuskan, seluruh rangkaian perayaan Tabut 2023 dipusatkan di satu titik yaitu di Lapangan Merdeka,” tegasnya.

Gubernur, jelasnya, juga meminta bupati dan walikota juga ikut andil di daerahnya masing masing-masing untuk melaksanakan event nasional Tabut ini.

“Kita juga bersurat kepada bupati/walikota agar mengirimkan pesertanya untuk dapat tampil di pentas pada perayaan Tabut 2023,” jelas Sekda Hamka.

Direncanakan juga, pembukaan perayaan Tabut ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta mengundang tamu dari negara lainnya.

Sebagai informasi, Perayaaan Festival Tabut 2023 akan dimulai pada tanggal 18 Juli atau tanggal 1 Muharram 1444 H yang diawali dengan kegiatan ritual Tabut mengambil tanah dan berakhir pada tanggal 28 Juli atau 10 Muharram 1444 H dengan kegiatan Tabut Tebuang. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page