Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pitnas IPDI ke-31, Sumber Daya Perawat Harus Disiapkan Secara Merata 

Jawa Barat, newsikal.com – Pertemuan Ilmiah Tahunan Nasional (PITNAS) Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) ke-31 digelar di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung Jawa Barat, Kamis-sabtu (5-7/10/2023) yang lalu

Acara PITNAS IPDI ke-31 tahun 2023 kali ini mengusung tema “Improving The Quality and Access of Dialysis Services” akan diisi dengan kegiatan simposium, workshop, lomba karya tulis ilmiah, malam keakraban (IPDI Night) serta Rakernas IPDI dan TOT Terintegrasi.

Kegiatan PITNAS ke-31 di hari pertama dengan tema Management of Dialysis Unit menghadirkan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Kegiatan hari pertama terdiri dari simposium dan lomba karya tulis ilmiah yang sebelumnya telah melewati beberapa tahap seleksi dan terdapat 6 nominator untuk persentasi oral. Kegiatan hari pertama ditutup dengan IPDI NIGHT yang menampilkan kesenian dari 18 pengurus wilayah yang akan menambah semarak dan suasana keakraban peserta PITNAS.

Pada hari kedua digelar simposium dengan tema Comprehensive Dialysis Patient Service Management yang dilanjutkan dengan kegiatan Rakernas IPDI dan TOT Terintegrasi pada malam harinya sebagai upaya menjaga solidnya organisasi.Hari terakhir PITNAS IPDI ke-31 2023 ini ditutup dengan Workshop terkait : CAPD, HD khusus, tools assessment kompetensi perawat dialisis, indikator mutu dan risk register unit dialisis.

Dalam keterangannya Ketua PP IPDI M.Syamsul Bakhri menyampaikan kegiatan ini untuk membantu perawat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien yang mengalami gangguan gagal ginjal.

“Alhamdulillah peserta pada tahun ini ada 1500 peserta yang tentunya kita harapkan bahwa kegiatan ini bisa menambah kemampuan dan pengetahuan serta sebagai ajang silaturahim serta sebagai sarana untuk bertukar pikiran, pertukaran pendapat, pengalaman terutama dalam memberikan pelayanan di masing-masing unit yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut M.Syamsul, perkembangan IPDI sejak awal berdiri hingga sekarang cukup berkembang, kita sudah membentuk beberapa pengurus masing-masing di provinsi, saat ini sudah ada 22 provinsi.

“Memang belum semua provinsi dibentuk IPDI, karena memang terkendala dengan regulasi yang ada, tapi kita akan selalu berbenah dan dalam waktu dekat ini kita juga akan menmbah 2 provinsi lagi,”tambahnya.

Sementara itu, Toni Rahmat Jaelani selaku Ketua PW IPDI Jawa Barat sekaligus Ketua Pelaksana PITNAS IPDI 2023 mengatakan, tuntutan pengembangan layanan dialisis seiring dengan jumlah pasien yang meningkat menjadi tantangan yang harus dijawab semua staf di unit dialisis dengan kualitas layanan yang tetap terjaga dan berkesinambungan.

Sumber daya perawat harus disiapkan secara merata bukan hanya secara jumlah tapi juga kompetensinya (Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap) dalam menjalankan pelayanan dialisis.

Menurutnya kegiatan tahunan ini selain sebagai ajang silaturahmi para perawat dengan praktisi dialisis se-Indonesia tapi juga sebagai salah satu upaya organisasi menjaga dan meningkatkan profesionalismenya.

“Tiga domain penting kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan dan perilaku profesional harus tetap terjaga dan dikembangkan melalui berbagai inovasi melalui bukti-bukti ilmiah”ujar Toni (ketua panitia PITNAS ke-31 Bandung).

Sebagai informasi PITNAS IPDI ke-31 2023 di Bandung ini diikuti sebanyak 1500 peserta yang notabene adalah perawat dialisis dari 38 provinsi di Indonesia.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page