Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Tips Sehat Saat Berpuasa dari Dinkes Provinsi Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, biasanya ada beberapa masalah kesehatan yang biasa dihadapi. Masalah kesehatan tersebut biasanya muncul karena tubuh kita kekurangan serat, air dan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan.

Selama bulan puasa tentu pola makan kita akan berubah sehingga sangat perlu disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bisa menjalankan aktivitas disiang hari. Seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan berlebih ketika berbuka, kurangnya asupan buah dan sayur.

Agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Ruslian, SKM, M.Si membagikan tips sehat selama menjalankan ibadah puasa.

“Tips sehat untuk masyarakat itu, pertama makan-makan bergizi yang seimbang serta menerapkan pola hidup bersih. Jadi makannya tidak boleh berlebihan tetapi seimbang,” kata Kabid P2P Ruslian, Jumat (15/3/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, selama Ramadan harus banyak mengkonsumsi air minum minimal 8 gelas sehari yaitu 1 gelas setelah sahur, 2 gelas sebelum imsak, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas setelah maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat Isya, 1 gelas setelah tarawih dan 1 gelas sebelum tidur.

“Jadi kita mengkonsumsi sebanyak 2 liter air mineral saat berbuka sampai sahur selama ramadhan,” ungkap Dia.

Disamping itu, Ruslian juga menyarankan saat berbuka puasa agar mengkonsumsi air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain. Hindari untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan asin setiap hari ketika berbuka dan sahur.

“Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan. Bisa dengan olahraga ringan. Hindari untuk tidak minum minuman beralkohol,” ujarnya

Ruslian juga berpesan, agar tidak lupa kontrol tekanan darah dengan rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya.

“Semoga dalam menjalankan ibadah puasa tetap diberikan kesehatan sehingga tetap dapat menjalankan ibadah dengan baik dan tetap dukung GERMAS dan perilaku hidup bersih dimana pun anda berada,” pungkasnya (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page