Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

HUT RI Ke-78, DPD PPNI Kabupaten Kapuas Gelar Penyuluhan Bahaya Rabies

KAPUAS, newsikal.com – Memperingati HUT RI Ke-78, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) kabupaten Kapuas mengelar penyuluhan bahaya rabies akibat gigitan hewan dan diare.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Kapuas Elvina Gerek,S.Kep.Ners.M.M mengatakan bahwa perlu dilakukan gerakan pengabdian kepada masyarakat untuk memperingati HUT RI ke 78 tahun 2023 secara nyata.

Caranya yakni turun ke lapangan memberikan penyuluhan tentang bahaya rabies akibat binatang peliharaan baik anjing, kucing dan kera yang terinfeksi rabies.

“Kami langsung turun ke lapangan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya pencegahan terhadap bahaya gigitan hewan peliharaan terinfeksi virus rabies,” kata Elvina Gerek.

Menurutnya sangat perlu pemahaman bahaya gigitan hewan peliharaan yang tidak diketahui apakah terjangkit virus rabies atau tidak.

Sehingga masyarakat lebih peduli dengan masalah rabies jika memiliki hewan peliharaan agar di vaksin dan juga cara pencegahan jangan sampai digigit hewan peliharaan malah dianggap biasa. Namun harus mendapatkan pertolongan dari tim merias di Puskesmas terdekat.

“Kami bergerak secara mobile memberikan penyuluhan kepada masyarakat ke area pasar Timpah dan membagi pamflet kepada warga,” kata dia.

Pihaknya juga memberikan himbauan kepada masyarakat dengan cuaca ekstrim saat ini tentu rentan terjadinya diare terutama disaat musim kemarau yang panas seperti sekarang ini..

Daya tahan tubuh cenderung menurun. Selain itu, udara kering, debu, sumber air berkurang dan banyak lalat, sehingga membuat orang mudah terserang penyakit.

“Di musim kemarau diare lebih banyak menyerang terutama anak anak. Dan cara pertama yang bisa ditangani masyarakat bisa membaca lewat pamflet yang sudah di bagikan dan lebih baik ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pertolongan medis,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page