Ketua Komisi II DPRD : Wisnu Hadi Dukungan Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Mukomuko

MUKOMUKO, newsikal.com-Ketua Komisi II DPRD Mukomuko mendukung pengembangan desa-desa wisata di Kabupaten Mukomuko Selasa. Pengembangan desa wisata selain mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di desa, juga mampu mengangkat kembali adat istiadat, seni dan tradisi di desa.

Saat ditemui awak media Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Mukomuko, Wisnu Hadi.SE menjelaskan “pengembangan desa wisata karena mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di desa. Dukungan DPRD dalam pengembangan desa wisata tentunya melalui penganggaran, baik anggaran infrastruktur menuju desa wisata atau dukungan anggaran untuk peningkatan sumberdaya manusia pengelola desa wisata,” kata Ketua Komisi II Wisnu Hadi Selasa (17/1/2023)

Menurut Wisnu Hadi, pengembangan desa wisata yang saat ini gencar di Kabupaten Mukomuko dengan ini semangatnya agar terus dijaga. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan dan berhenti ditengah jalan.

“Kepala desa dan warga masyarakat serta pengelola desa wisata harus saling bersinergi agar memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan. Wisatawan yang datang, sambutlah dengan sopan. Jika menjual produk souvenir atau oleh-oleh khas desa, juga jangan ditekan dengan menaikkan harga semaunya,” kata politisi PKPI.

Lebih lanjut, Wisnu menambahkan, contoh di Kecamatan Ipuh ditempat saya tinggal ada tiga pantai, Pantai Batu Kumbang , Pantai Abrasi Ipuh, Pantai Retak Ilir ketiga sangat memiliki potensi untuk pengembangan wisata. para pengelola desa wisata juga harus terus mengembangkan SDM dibawah binaan Disparpora Kabupaten Mukomuko.

“Selain kemampuan memandu wisatawan, dan menerima tamu dengan ramah, pengelola desa wisata juga harus menguasai Teknologi Informasi untuk sarana promosi desanya,” tambah Wisnu.

Sementara itu, Kadis Disparpora Kabupaten Mukomuko, Agus Harvinda, ST, M.Si mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pihak DPRD khususnya Komisi II yang mampu menangkap peluang dan memberi ruang kepada masyarakat untuk mengembangkan desanya sebagai desa wisata.

Agus Harvinda, menambahkan, dengan semakin bermunculannya desa wisata, tentunya akan menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Mukomuko. Kami semakin optimis, Mukomuko.akan menjadi daerah tujuan wisata yang diperhitungkan di tingkat Provinsi Bengkulu,” ujarnya.(Nf/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button