Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Tekan Penularan Covid-19, Pemkot Imbau Masyarakat Vaksin Booster di Puskesmas Terdekat 

BENGKULU, newsikal.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengajak masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis penguat sebagai salah satu langkah mencegah tertular kasus baru Covid-19.

Dalam hal ini, Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau agar seluruh masyarakat melengkapi vaksin booster tahap satu.

Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu melalui Asisten I Eko Agusrianto mengatakan, Pemkot Bengkulu menyediakan layanan vaksinasi booster di seluruh Puskesmas, diharapkan masyarakat dapat melengkapi vaksin untuk membantu meningkatkan antibodi sehingga risiko penularan virus Covid bisa ditekan.

Vaksin ini juga sebagai upaya untuk memutuskan rantai penularan COVID-19 dan mencegah terjadinya mutasi menjadi varian-varian selanjutnya seperti XBB.

“Masyarakat perlu melengkapi vaksinasi booster 1 supaya kekebalan herd immunity kita terus bertahan,” ungkap Eko.

“Setiap puskesmas akan melaksanakan vaksinasi dosis penguat setelah ada setidaknya 10 warga yang mendaftar. Untuk diketahui, setiap vial vaksin Covid-19 bisa digunakan untuk vaksinasi 10 orang,” imbuh Eko.

Lebih lanjut, Eko juga mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat, terutama mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah segala bentuk penularan penyakit, termasuk Covid-19.

Selain itu, ia meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga, mencuci tangan, memakai masker, serta mengonsumsi vitamin.

Setelah itu, masyarakat juga diminta mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak, tidak beraktivitas dalam kerumunan, kesadaran melakukan karantina mandiri ketika terdeteksi tertular Covid-19 dan segera mendapatkan pengobatan di fasilitas kesehatan.

Kemudian, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian baru.

“Untuk mengantisipasi virus Covid-19 terbaru ke Bengkulu, gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Tidak hanya Covid-19 tetapi juga untuk menghindari penyakit lainnya karena perubahan cuaca,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani.

Kemudian untuk masyarakat yang sedang atau hendak bepergian ke luar kota ataupun masuk ke Kota Bengkulu, kata Joni, harus memastikan kesehatan, menggunakan masker, serta menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan lainnya.

Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk tidak panik atau khawatir secara berlebihan, sebab warga telah menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama bahkan keempat. Oleh karena itu, bagi masyarakat Kota Bengkulu yang belum menerima vaksin COVID-19, lanjutnya, segera memanfaatkan vaksinasi tersebut guna mengantisipasi COVID-19 pada libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page