Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Temukan 3 Peserta UTBK-SNBT 2023 Curang, Universitas Bengkulu Perketat Pengawasan

BENGKULU, newsikal.com – setelah ditemukannya ada indikasi kecurangan yang dilakukan peserta UTBK-SNBT 2023. Panitia lokasi (Panlok) Universitas Bengkulu (UNIB) lakukan monitoring evaluasi, Rabu (10/5/2023).

Ketua Panlok UTBK-SNBT 2023 Bengkulu Prof. Mochamad Lutfi Firdaus juga menjelaskan,Sebelum masuk ke ruangan tes pihak panitia melakukan pemeriksaan ketat terhadap seluruh peserta tes. Selain memeriksa berkas-berkas kelengkapan administrasi peserta, panitia juga menggunakan alat metal detektor untuk memeriksa barang-barang yang melekat pada badan dan pakaian peserta.

“Dari pemeriksaan ketat tersebut, pada hari kedua pelaksanaan tes, Selasa 9 Mei 2023, panitia menemukan tiga orang peserta yang terindikasi berbuat curang,” ungkapnya.

Setelah diperiksa menggunakan metal detektor, terdapat alat-alat komunikasi canggih melekat di badan peserta yang ditutupi kostumnya dan dirancang sedemkian rupa untuk menscan soal dan berkomunikasi dengan pihak luar menggunakan mini earphone yang dipasang pada lubang telinganya.

“Disinyalir alat-alat komunikasi canggih yang melekat pada badan dan kostum peserta tersebut merupakan modus untuk melakukan kecurangan dengan bantuan pihak tertentu di luar lokasi tes,” ungkap Prof. M. Lutfi Firdaus.

Dari penelusuran panitia, ketiga peserta disinyalir curang tersebut berasal dari Pulau Jawa. Ketiganya juga mengikuti tes untuk masuk Fakultas Kedokteran pada universitas-universitas di Pulau Jawa, bukan Fakultas Kedokteran UNIB.

“Jadi, di UNIB ini hanya tempat tes nya saja. Namun karena kita menerapkan pemeriksaan yang ketat, akhirnya indikasi kecurangan tersebut dapat segera terdeteksi sebelum mereka masuk ke ruangan tes, sehingga tidak mengganggu dan merugikan peserta lainnya,” papar Prof. Lutfi Firdaus.

Menanggapi laporan tentang adanya indikasi kecurangan peserta tes tersebut, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri kembali menegaskan bahwa UNIB sangat berkomitemen mewujudkan pelaksanaan seleksi dan tes masuk mahasiswa baru yang bersih, bebas dari praktek segala bentuk kecurangan.

“Karena itu kepada seluruh panitia dan pengawas Saya tekankan agar bekerja secara professional, jangan lengah dan perketat terus pengawasan. Pada tes hari-hari berikutnya, Saya harap peserta jangan coba-coba untuk berbuat curang. Jika berbuat curang otomatis tidak lulus dan akan mendapat tindakan tegas,” ucap Dr. Retno.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page