Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Terima Bantuan Dari Pemerintah, Nelayan Harus Punya Kartu Kusuka

BENGKULU, newsikal.com – Bagi nelayan yang ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah syaratnya harus punya Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Kartu Kusuka sangat membantu nelayan untuk kelancaran operasional mencari ikan.

Kartu Kusuka nelayan ini, untuk mendapatkan bantuan dan bahan bakar minyak (BBM) subsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Serta mempurmudah nelayan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Ikan (SDI) dan Alat Penangkap Ikan (API) Provinsi Bengkulu Darun, MM mengatakan, para nelayan mendapatkan kartu Kusuka, dengan menyerahkan indentitas kepada penyuluh perikanan yang ditunjuk oleh Kementerian di setiap Kabupaten Kota.

“Jadi dokumen yang harus di siapkan dan dibawa saat mendaftar kartu kusuka berupa KTP, surat keterangan pekerjaan sebagai nelayan dari kelurahan, serta Nomor Izin Berusaha (NIB), dan izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK),” kata Darun saat diwawancarai, Jumat (22/3/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, pendaftaran kartu Kusuka ini tidak dipungut biaya sama sekali, jadi yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) untuk dapat mendaftar bisa dengan perwakilan kelompok atau semuanya datang.

“Nanti penyuluh akan mendaftarkan dengan mengisi data diri nelayan ke dalam aplikasi e-Kusuka untuk membuat kartu itu dan setiap nelayan satu orang satu kartu,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menambahkan, adapun kendala pembuatan kartu Kusuka saat ini yakni dikarenakan NIK tidak sinkron di data Dukcapil. Sehingga kartu Kusuka tidak bisa keluar.(cw1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page