22 Institusi Kesehatan Lingkungan se-Indonesia, Gelar Mukernas di Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Perhelatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-III Ikatan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan yang dihadiri 22 Institusi Kesehatan Lingkungan se-Indonesia berjalan baik dan menghasilkan butir-butir ketetapan. Direktur Kesling Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI,  dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, mengapresiasi pelaksanaan Mukernas yang mengusung tema “Satukan Suara dan Jalin Kebersamaan dengan Masyarakat” untuk mengembalikan wadah mahasiswa kesehatan lingkungan Indonesia.

“Selagi manusia masih ada, Kesehatan Lingkungan itu akan ada,” ujarnya, Jum’at (08/03/2019).

Ia juga menyerukan program Indonesia sehat melalui pilar-pilar kesehatan lingkungan.  Pembahasan pencapaian kerja IMKLI difokuskan pada pelayanan masyarakat dan mendukung penuh program pemerintah khusuhnya 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Keputusan Mukernas dinilainya telah mewadahi aspirasi kader mahasiswa kesehatan lingkungan. Beliau melihat hasil Mukernas itu sebagai acuan haluan pergerakan kesehatan lingkungan Indonesia yang sangat signifikan dan menggembirakan.

Pada kesempatan lain, Rama Mirza selaku Kordinator Pusat IMKLI yang pada acara Mukernas sungguh bergembira atas respons yang luar biasa dari para petinggi direktorat, jurusan dan Kemenkes RI.

“Saya sampai meneteskan air mata”,  ungkapnya melihat suksesnya acara Mukernas IMKLI 2019 di Bumi Rafflesia.

“Harapan saya setelah terlaksana Mukernas ini IMKLI menjadi tolak ukur pergerakan mahasiswa kesehatan lingkungan se–Indonesia,” ucapnya di atas podium.

Makernas ini merupakan bagian dari program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan. Acara ini dihadiri Direktur Kesling, Kepala Dinas Provinsi Bengkulu, Ketua HAKLI Provinsi Bengkulu, Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu serta jajaranya, dan tokoh pendidikan Provinsi Bengkulu Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd.

Dijelaskann Ketua Panitia Pelaksana, Indra Ismu Farakhan, kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 07 Februari – 11 Februari 2019.

“Bukan hanya musyawarah kerja, namun di sini juga ada pelaksanaan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Padang Harapan serta city tour untuk mengenalkan wisata di Provinsi Bengkulu. Selamat mengemban amanah untuk Anindya Krismahardi sebagai Kordinator Pusat, sampai jumpa di Mukernas IMKLI IV di Poltekkes Kemenkes Surabaya,” pungkasnya.(rls/kay) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close